MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

BEDAH SKL SOSIOLOGI DI SMA KOSGORO

Untuk mempersiapkan Ujian Sekolah (US) yang akan berlangsung pada tanggal 18 -23 Maret 2013 dan Ujian Nasional (UN) pada tanggal 15 – 18 April 2013 guru-guru mata pelajaran sosiologi Kota Bogor yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi mengadakan bedah standar kompetensi lulusan (SKL) di SMA Kosgoro Kota Bogor pada hari Sabtu, 9 Februari 2013. Peserta bedah SKL ini dari Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Bertindak selaku nara sumber, Ketua MGMP Sosiologi DKI Jakarta, Puji Raharjo yang juga sebagai fasilitator Direktorat Pendidikan SMA.

Ketua Sanggar MGMP Sosiologi yang juga kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo mengatakan bahwa organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu forum atau wadah profesional guru mata pelajaran yang berada pada suatu wilayah Dinas Pendidikan Kota Bogor. Sebagai organisasi profesi maka MGMP merupakan organisasi nonstruktural yang bersifat mandiri, berasaskan kekeluargaan, dan tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan lembaga lain. Tri Atmojo mengharapkan agar peran MGMP kedepan lebih ditingkatkan tidak hanya dalam menghadapi UN.

Sementara itu, Puji Raharjo dalam pemaparannya menyampaikan mulai dari tujuan penyelenggaraan UN samapai dengan latihan soal. Tujuan UN yang diambil dari BSNP yakni menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Untuk Ujian Sekolah, kisi-kisi ditetapkan sekolah masing-masing, sedangkan UN kisi-kisinya ditetapkan BSNP. Untuk itu, kepada peserta agar dapat melatihkan soal-soal berdasarkan kisi-kisi yang sudah ditetapkan,” pungkas Puji Raharjo.