Berita

Pentingnya Belajar Jurnalistik

Jurnalistik merupakan keterampilan yang berkaitan dengan pemberitaan dan persuratkabaran. Selain itu, jurnalistik dapat diartikan sebagai aktivitas untuk meliput, mengolah, dan menyajikan sebuah informasi dalam bentuk berita kepada khalayak. Selanjutnya, keterampilan ini juga dapat dikatakan sebagai pelaporan kejadian dan juga menjelaskan kepentingan dan akibat dari kejadian atau yang sedang hangat (trend). Ada pun beberapa media yang digunakannya yaitu media cetak dan media elektronik diantaranya; surat kabar, televisi, radio, majalah, dan internet.

Mempelajari jurnalistik masih sangat dibutuhkan dan relevan untuk terus dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terlebih oleh peserta didik SMA Kosgoro Kota Bogor. Ekstrakurikuler jurnalistik bisa menjadi pilihan peserta didik untuk dijadikan sebagai upaya dalam mendapatkan keahlian dan kecakapan pada bidang jurnalistik tersebut.

Ekstrakurikuler jurnalistik merupakan bidang yang memungkinkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kewartawanan, sehingga peserta didik kelak dapat memiliki kemampuan dasar untuk menjadi penulis atau bahkan menjadi seorang wartawan. Selain itu, masih banyak alasan yang bisa dijadikan acuan mengenai pentingnya untuk belajar jurnalistik khususnya peserta didik serta guru SMA Kosgoro semakin terlatihnya keterampilan berbahasa, kemampuan berpikir kritis, dan mengasah rasa ingin tahu yang tinggi. Dengan demikian ekstrakurikuler  ini dapat dipilih oleh peserta didik agar memiliki pengetahuan, pemahaman, pengalaman, dan keterampilan yang baik dalam bidang jurnalistik.