Berita

Dua Siswa SMA Kosgoro Bogor ikuti seleksi OSN-P Tahun 2022

 Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang lomba bagi peserta didik pecinta sains yang dilakukan setiap tahunnya untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains.  Olimpiade Sains Nasional (OSN) dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah (OSN-S), kabupaten/kota (OSN-K), provinsi (OSN-P), nasional (OSN) hingga tingkat internasional.  Ada sembilan bidang yang dilombakan yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Pada tahun ini, ada dua siswa SMA Kosgoro Bogor yang mewakili Kota Bogor mengikuti Seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P). Peserta OSN-P merupakan para juara OSN-K pada masing-masing bidang lomba. Kedua siswa tersebut adalah Muhammad Faris Revansyah  peringkat dua bidang Astronomi dan Pika Novita Sari peringkat dua bidang Kimia.

Untuk mempersiapkan peserta didik di Jawa Barat dalam menghadapi Olimpiade Sains Nasional SMA/MA Tingkat Provinsi tahun ini, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melakukan pembinaan kepada peserta OSN-P dari Jawa Barat. Pembinaan dilaksanakan pada tanggal 20–22 Juli 2022 dan 25–27 Juli 2022 secara online.

Selain pembinaan yang dilakukan Dinas Pendidikan propinsi Jawa Barat, Faris dan Pika juga mendapatkan pembinaan dari sekolah baik oleh guru-guru SMA Kosgoro Bogor sendiri maupun oleh pihak luar. Untuk pembinaan dengan pihak luar dilakukan oleh Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) pada tanggal 15–20 Agustus 2022 secara online.

Sebelum pelaksanaan OSN-P, Faris dan Pika juga melakukan pengenalan dan uji coba sistem aplikasinya pada tanggal 15-19 Agustus 2022. Adapun pelaksanaan OSN-Pnya sendiri dilaksanakan secara online pada hari Senin, 22 Agustus 2022 untuk bidang Astronomi dan hari Selasa, 23 Agustus 2022 untuk bidang Kimia. Pengawasan dilakukan oleh panitia dari Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui aplikasi zoom. Alhamdulillah, pelaksanaan OSN-P di SMA Kosgoro Bogor berjalan dengan lancar. Semoga hasil terbaik diperoleh oleh Faris dan Pika. Aamiin.