Berita

Psikotes di SMA Kosgoro dalam Rangka Pemilihan Peminatan untuk Studi Lanjut

 Tes Psikologi atau lebih dikenal Psikotes, sering kita dengar dalam perbincangan sehari-hari. Namun banyak diantara kita yang belum memahami lebih dalam mengenai Psikotes.

Psikotes adalah tes yang diberikan kepada suatu sampel perilaku yang meliputi fungsi kognitif dan emosional tentang individu tertentu yang bertujuan untuk melihat potensi yang dimiliki dalam kaitannya dengan pencapaian hasil belajar atau kemampuan di masa yang akan datang.

Di SMA Kosgoro Bogor, Psikotes dilaksanakan pada awal pembelajaran dengan sasaran kelas X. Fungsinya mengetahui kemampuan dalam rangka peminatan di kelas XI untuk pemilihan peminatan MIPA atau IPS.

SMA Kosgoro sudah melaksanakan Psikotes pada Hari Kamis, 4 Agustus 2022 bekerjasama dengan Biro Psikologi Bromo Sulotion. Adapun hasil pemeriksaan psikotes yaitu Aspek Psikologis yang meliputi Intelektual, Perilaku Belajar dan Kepribadian juga menjelaskan tentang Minat Siswa.

Aspek intelektual meliputi kecerdasan umum siswa dalam memahami dan memecahkan masalah. Perilaku belajar meliputi motivasi berprestasi siswa dan daya juang, serta daya dorong untuk mencapai prestasi yang maksimal. Kepribadian meliputi hubungan interpersonal siswa dengan orang lain khususnya yang berkaitan dengan kemampuan mengerjakan tugas dan menjalin hubungan yang baik dalam berbagai situasi.

SMA Kosgoro Bogor berharap hasil psikotes dan rekomendasi jurusan dari psikotes dapat membantu para siswa dan orang tua dalam memilih peminatan di kelas XI. Sehingga para siswa dapat memilih peminatan dengan tepat untuk kelanjutan studi di masa yang akan datang.