Berita

Pekan Kebangsaan Kreativitas Generasi Muda di Masa New Normal

 

 

Pekan Kebangsaan merupakan acara rutin yang diselengarakan di SMA Kosgoro Bogor  setia tahun dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda  yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, dipandang sangat perlu untuk menyelenggarakan suatu gerakan dalam memperkokoh wawasan kebangsaan. Mengingat semakin menurunnya minat dan kesadaran para generasi bangsa dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, maka kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri siswa sebagai generasi muda Hal tersebut dipicu oleh situasi perkembangan kehidupan manusia di era globalisasi ini yang kurang peduli terhadap nasionalisme atau wawasan kebangsaan terutama rasa cinta pada negara.

Untuk itu, perlu diupayakan suatu gerakan yang dapat memperkokoh wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda. Salah satu gerakan yang dapat diwujudkan oleh generasi muda sebagai siswa yaitu dapat dilakukan di sekolah dengan mengikuti pekan kebangsaan. Pekan kebangsaan ini dirasa perlu sebagai bentuk partisipasi nyata siswa dalam meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Bentuk kegiatan nyata ini diharapkan dapat membawa siswa selaku generasi muda untuk berkreativitas dan mengapresiasi dirinya sendiri sebagai wujud anak kebanggaan bangsa dan negara.

 

Tujuan kegiatan pekan kebangsaan ini adalah sebagai berikut:

  • Untuk lebih memahami makna Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober;
  • Untuk menjadi ajang apresiasi dan kreasi siswa dalam bidang sastra dan bahasa; dan
  • Untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang akademik dan nonakademik.

 

Adapun bentuk kegiatan dalam Pekan Kebangsaan ini yaitu:

  • Lomba Menghapal Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila
  • Lomba Pidato Kebangsaan
  • Lomba Paduan Suara
  • Lomba Musikalisasi Puisi
  • Lomba Cepat Tepat

 

Kegiatan Pekan kebangsaan ini diikuti oleh seluruh siswa  kelas 10, 11, dan 12. Mereka sangat antusias mengikuti lomba untuk mewakili kelasnya masing masing. Pada hari pertama tanggal 25 Oktober 2022 diawali pembukann lomba oleh Bapak Herman Lasrin, S.P, M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Kosgoro Bogor lalu dilanjutkan dengan lomba paduan suara menyanyikan lagu Wajib dan lagu daerah yang telah dikocok sebelumnya. Ada yang berbeda untuk tahun ini lomba paduan suara juga diikuti seluruh siswa di kelas menyanyikan lagu Hymne dan Mars SMA Kosgoro. Pada hari kedua tanggal 26 Oktober 2022 lomba di awali dengan lomba Menghapal Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila kemudian lomba Pidato Kebangsaan  yang diikuti perwakilan masing masing kelas. Pada pukul 13.00 lomba Musikalisasi Puisi  yang membuat para siswa antusias untuk menonton kemampuan grup musikalisasi kelasnya tampil dengan maksimal Mereka tampil dengan semangat agar bisa mejadi juara. Pada hari ketiga tanggal 27 Oktober 2022 diadakan lomba babak final Paduan Suara, semifinal lomba dan final lomba cepat tepat.  Kelas yang masuk ke babak final paduan suara diikuti oleh perwakilan kelas 11 MIPA 3, 12 MIPA 2 dan 12 Mipa 3, mereka tampil kembali di panggung dengan menggunakan kostum yang cukup menarik  dan semangat menyanyikan lagu derah dan lagu wajib  Hal ini membuat suasana penonton di Aula Solidaritas ramai untuk mendukung  kelasnya. Lomba semifinal Cepat Tepat dilaksanakan dengan menggunakan class point yang diikuti oleh perwakilan tiap kelas yang menghasilkan  3 besar yang masuk ke babak final. Babak final lomba Cepat Tepat diwakili oleh kelas 10 7, 11  MIPA 3 dan 12 IPS 1. Lomba final Cepat Tepat ini mengasah pengetahuan siswa tentang wawasan kebangsaan maupun pengetahuan umum, penonton sangat antusias karena persaingan cukup ketat apalagi dalam babak perebutan. 

Akhirnya Pekan Kebangsaan ini diakhiri dengan pengumuman hasil dari setiap mata lomba. Para peserta lomba menunggu dengan sabar hasil lomba karena berharap mereka yang akan tampil di panggung menerima piala dan hadiah.  Inilah hasil lomba Pekan Kebangsaan yang telah dilaksanakan dari tanggal 25-27 Oktober 2022:

  • Lomba Menghapal Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila

Juara 1  : Suffa Nur Amalia ( X – 4)

Juara 2  : Farahdiba Aura ( X – 7 )

Juara 3 : Pika  Novita Sari ( 11 MIPA 1 )

  • Lomba Pidato kebangsaan

Juara 1  : Pasha Amalia Ichwan ( 12 IPS 2 )

Juara 2  : Andras  Salmany Ramdan ( 12 MIPA 4 )

Juara 3  :  Edelweiss Saskia Ramadhina (12 MIPA 2 )

  • Lomba Paduan Suara

Juara 1  : 12 MIPA 3

Juara 2  : 11 MIPA 3

Juara 3  : 12 MIPA 2

  • Lomba Musikalisasi Puisi

Juara 1  : 12 MIPA 2

Juara 2  : 12 IPS 1

Juara 3  :12 MIPA 5

  • Lomba Cepat Tepat

Juara 1  : X-  7

Juara 2  : 11 MIPA 3

Juara 3  : 12 IPS 1

  • Juara Umum : Kelas X- 7

 

Keberhasilan kegiatan Pekan Kebangsaan SMA Kosgoro Kota Bogor terlaksana dengan baik karena semua unsur saling mendukung semoga dengan adanya kegiatan ini lebih  menumbuhkan wawasan  kebangsaan, jiwa patriotisme serta bakat dan kemampuan siswa menjadi pribadi yang memliki percaya diri dan cerdas berkualitas. Sampai berjumpa lagi di Pekan Kebangsaan Tahun Depan!