MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

HUT YAYASAN DHARMA SETIA KOSGORO KE-25

Dengan rasa bangga, perasaan haru dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Yayasan Dharma Setia Kosgoro (YDSK) pada tahun 2012 ini genap usianya 25 tahun, tepatnya pada bula Juni 1987 yayasan ini didirikan. Berbagai macam kegiatan menyambut HUT ke-25 ini telah diselenggarakan seperti donor darah, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dreded, bakti sosial, dan berbagai macam perlombaan dan puncaknya adalah resepsi HUT yang diselenggarakan di SMA Kosgoro pada tanggal 22 Desember 2012 yang bertepatan dengan Hari Ibu.

Ketua panitia HUT H. Lukman A. Setiawan menuturkan bahwa kegiatan HUT YDSK ke-25 ini diselenggarakan dalam rangka memperteguh misi yayasan “Mengabdi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, yang Lahir dan Berkembang dari Sebuah Idealisme. Dalam puncak acara ini diselenggarakan cukup silpel yaitu; pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan Ketua Panitia, sambutan dari Ketua YDSK dan Ketua Dewan Pembina. Acara ini ditutup dengan penyerahan piala dan hadiah perlombaan.

Dalam usianya yang ke-25 tahun kini YDSK telah memiliki tiga lembaga pendidikan, yaitu SMA, SMK dan SMP Kosgoro.

Menurut Ketua Dewan Pembina YDSK Ir. H. D. Aditya Sumanagara, ada empat hal pokok yang mendasari lembaga pendidikan ini tetap eksis dan berkembang:

  1. Pengelolaan senantiasa dapat menjalankan tugasnya dengan amanah;
  2. Adanya rasa memiliki terhadap Yayasan dan Sekolah,
  3. Seluruh fungsionaris Yayasan senantiasa konsisten dalam membina dan mengelola lembaga pendidikan. Yang sangat mendasar adalah adanya komitmen, bahwa dalam mengelola lembaga pendidikan merupakan pekerjaan pengabdian bukan pekerjaan profesional,
  4. Sistem Manajemen dikelola secara profesional, transparan dan akuntabel.

Dalam sambutannya Ketua YDSK Ir. Mohammad Singgih, Meng.Sc., mengemukakan bahwa salah satu tugas lembaga-lembaga pendidikan di bawah Yayasan Dharma Setia Kosgoro Bogoro adalah sebagai tempat menempa generasi penerus bangsa untuk mengembangkan jiwa semangat nilai-nilai kejuangan 45. Untuk itu maka Yayasan memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Membentuk dan memelihara watak kepribadian bangsa yang sesuai dengan jiwa dan semangat kejuangan nilai-nilai 45.
  2. Menumbuhkan semangat kebangsaan diantara para anak didik dan para guru, guru tetap tegaknya NKRI.
  3. Menjamin terbinanya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika.

Sebagai lembagai pendidikan yang didirikan pertama kali, SMA Kosgoro sudah menorehkan prestasi yang tidak sedikit. Menurut Kepala SMA Kosgoro Drs. H. Tri Atmojo, M.Pd., prestasi itu adalah hasil kerjasama semua pihak mulai dari dewan pendiri (Dewan Pembina sekarang), pengurus yayasan, pihak sekolah baik guru maupun karyawan serta siswa juga partisipasi dari pemerintah dam masyarakat. Sebagai gambaran beikut ini prestasi- prestasi yang telah diraih oleg SMA Kosgoro.

Prestasi dalam bidang pengeloaan sekolah khususnya sarana dan prasarana seperti:

  1. Hasil akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Propinsi Propinsi Jawa Barat, 9 November 2010 memperoleh nilai 97,04 dengan peringkat “A” (Amat Baik). Penilaian ini meliputi delapan standar, mulai dari standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan sampai dengan standar penilaian.
  2. Penerima piagam penghargaan dari Walikota Bogor sebagai Sekolah Berwawasan Kebangsaan (SBK) bersama SMAN 1 dan SMA N 2, pada HUT RI ke-65 Tingkat Kota Bogor, 17 Agustus 2010.
  3. Dalam sarana dan prasarana SMA Kosgoro telah melengkapinya, seperti:
  • Ruang Belajar, terdiri dari 24 ruang belajar yang representatif dan dilengkapi dengan LCD proyektor serta tekoneksi dengan internet.
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Yang tersedia: Server Cerdas 8 Terabytes, SMS Blast , Finger print, E-Learning, Administrasi digital, E-Library, Hotspot 4 MB/S ( 2 line)
  • Labolatorium Komputer,Labolatorium komputer tersedia 44 unit dengan spesifikasi Intel Core 2 Duo E-7500, Motherboard Asus P5KPL-SE, Hardisk 320 GB Seagate Sata. Dengan ruangan ber-AC menjadikan KBM lebih nyaman.
  • Labolatorium Multimedia. Di Ruang multimedia saat ini telah terpasang komputer berjumlah 31 unit dengan spesifikasi terbaru dan tercanggih yaitu Intel Core i5 (3,33 HGz) Cache 4 MB, motherbord Asus P7H55-M LX, hardist 550 GB Segate Sata. Sedangkan untuk di labolatorium komputer tersedia 43 unit dengan spesifikasi Intel Core 2 Duo E-7500, Motherboard Asus P5KPL-SE, Hardisk 320 GB Seagate Sata. Di ruang ini dapat berfungsi untuk labolatorium Bahasa, praktek pelajaran komputer dan untuk kegiatan belajar semua mata pelajaran dengan dilengkapi sofwere pembelajaran.
  • Ruangan ber-AC menjadikan KBM lebih nyaman.
  • Labolatorium IPA. Labolatorium IPA terdiri dari labolatorium kimia, biologi dan fisika. Bangunan ini digunakan para siswa bekerja, belajar, menggali pengalaman nyata IPA, menggunakan peralatan, mempraktekkan ketrampilan. Labolatorium IPA ini dilengkapi dengan perabot sepert; lemasi asam, lemari rak (shelves), meja demontrasi, neraca digital dan peralatan pendidikan seperti botol zat, neraca, pHmeter dan lainnya.
  • Ruang perpustakaan ini berukuran 15x7 meter menyajikan berbagai jenis bahan pustaka (koleksi). Disamping buku tek pelajaran dan buku penganyaan, koleksi rujukan (referensi) seperti kamus, insiklopedi, indeks, dan sumber belajar lainnya seperti audio visual, CD-Rom, VCD, situs Web dan 15 komputer sebagai pelengkap yang online dengan internet. Perpuartakaan ini berfungsi sekaligus sebagai pusat sumber belajar (PSB) berbasis TIK.
  • Fasilitas Pendukung. Prasarana pendukung lainnya selain yang telah diuraikan di atas adalah ruang BK/BP, Masjid, Kantin, Ruang UKS, Ruang OSIS, lapangan untuk kegiatan upacara, olah raga, ruang guru, ruang sirkulasi dan sebagainya.

Adapun prestasi dari siswa dalam bidang akademis dan non-akademis sebagai berikut:

  1. Tingkat kelulusan yang dari tahun ketahun mencapai 100 persen.
  2. Jumlah siswa yang melanjutkan ke Perguruan tinggi sekitar 80 persen dan yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 33,43 % (Tahun 2011/2012).
  3. Prestasi siswa dalam bidang akademis dan non akademis sangatlah banyak. Sebagai gambaran berikut ini sejumlah prestasi dalam tahun 2011-2012.

Akademis

  1. Juara Olimpiade Geografi, Tingkat Kota Bogor a.n. Ahmad Sartiadi, UPI FPIPS, Bogor 25 September 2011.
  2. Juara III, Kanji Contest (Jepang)Dalam Acara “San Saantaru Mutsuri Jindofest “ Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Pakuan, Atas nama Rucita Elysia, Bogor, 11 Desember 2011.
  3. Juara III, Lomba Kanji (Jepang) Tingkat SMA se-Kota/Kabupaten Bogor dan Sukabumi, atas nama Rensyta Trias Putri, UNPAK Bogor, 11 Februari 2012.
  4. Juara I, Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat SMA.SMK/MA se Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Cianjur, atas nama Zihan Andriyan Yusuf, pada Festival Bahasa Jepang “NIJI MATSARI” Fakultas Sastra Uviversitas Pakuan Bogor, 24 Juni 2012.
  5. Juara III, Lomba Manga (Membuat Komik Bahasa Jepang) Tingkat SMA.SMK/MA se Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Cianjur, atas nama Bonny Puspita pada Festival Bahasa Jepang “NIJI MATSARI” Fakultas Sastra Uviversitas Pakuan Bogor, 24 Juni 2012.
  6. Juara III, Lomba Cerdas Cermat Pemilu dan Demokrasi Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Bogor atas nama Sari R. Siregar, M. Ardiansyah, Atika Zavira, KPU Kota Bogor, 29 September 2012.
  7. Juara I, Resensi Novel Pada Lasastra di SMA Negeri 5 Kota Bogor, Tingkat SMA/SMK/MA se-DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, atas nama Deyana Cindy Anggraeni, 20 November 2012.
  8. Juara I, Recycle Kaleng, Tingkat SMA/SMK/MA, Se-Kota dan Kabupaten Bogor, atas nama Bonny Puspita Tyasti dan Selly Yustikan Regina, di Akademi Kimia Analis Bogor, 24 November 2012.
  9. Juara III, Cepat Tepat Konservasi Lingkungan Hidup, Tingkat SMA/SMK/MA, se-Bogor, Sukabumi dan Cianjur, atas nama Sari Kumala Siregar, Imas Masitoh dan Damar Wicaksono, di IPB, 20 Oktober 2012.

Futsal/Sepak Bola

  1. Juara III, Futsal GAMAGUDABO, Tingkat SMA-SMK Se- Kota dan Kabupaten Bogor, 2011.
  2. Juara II, Sepak Bola Liga Pelajar Indonesia (LPI) Tingkat SMA-SMK Se-Kota Bogor, 2011.
  3. Juara I, Futsal SUPER LIGA Champion Of Champions Student Futsal Champion Ship, Tingkat SMA-SMK Se-Kota Bogor, di GOR Pajajaran , 2011.
  4. Juara I, Futsal Tingkat SMA se-Kota dan Kabupaten Bogor, SMA Regina Pacis, 20 Januari 2012.
  5. Juara II, Futsal Champion Tingkat SMA/SMK se-Kota dan Kabupaten Bogor, 23 Februari 2012.
  6. Juara III, Futsal Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Kabupaten Bogor, Sukabumi, Universitas Pakuan Cup, 28 September 2012.
  7. Juara I, Futsal Tingkat SMA se-Kota dan Kabupaten Bogor, SMA Regina Pacis, 20 Januari 2012

Seni

  1. Juara III, Lomba Foto dengan Tema “Campus Go Green” SMA-SMK se-Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi, Fakultas Teknik Universitas Pancasila Jakarta, 30 April 2011.
  2. Juara Harapan II, Lomba Foto Dalam Rangka memperingati “Hari Air Dunia”, Oleh Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, 30 April 2011.
  3. Juara I dan II, Foto Grafi , Tingkat SMA-SMK Se-Kota dan Kabupaten Bogor di Fakultas Peternakan IPB, 16 Oktober 2011.
  4. Juara II, Band. Festival Band Pelajar Tingkat SMA se-Bogor – Depok Dalam Rangka HUT KORPS Brimop POLRI ke-66, Depok, 13 November 2011.
  5. Juara I, Festival Band SMA-SMK se –Kota dan Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Cianjur, di Akademi Kimia Analis Bogor, Desember 2011.
  6. Juara I, Festival Drama Perjuangan dan aktor terbaik antar SMA-SMK se-Kota Bogor, di Gedung Kemuning Gading Bogor, 24 Desember 2011.
  7. Juara II dan III Fotografi, Festival SMA Dwiwarna ELEFTHERIA, 21 Januari 2012.
  8. Juara Harapan II, PMR. Lomba Majalah Dinding Tingkat Wira Dalam Rangka HUT Ke-66 Palang Merah Indonesia Tk. Kota Bogor, 13 November 2011.
  9. Juara I, Lomba Lagu Perjuangan Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota dan Kabupaten Bogor, atas nama Diandra Yustisia, Dalam Rangka HUT Museum Perjuangan Bogor, 22 November 2012.
  10. Juara III, Lomba Lagu Perjuangan Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota dan Kabupaten Bogor, atas nama Vashti Badzlina, Dalam Rangka HUT Museum Perjuangan Bogor, 22 November 2012.
  11. Nominasi ke dua dari 68 peserta se-Indonesia pada Festival Film Pelajar Jogja (FFPJ) mewakili Kota Bogor pada FFPJ tingkat Nasional yang diselenggarakan di Gedung Kedaulatan Rakyat Yogjakarta, 15-16 Desember 2012.

Bela Diri

  1. Juara I, Tinju Yunior Girl 48 Kg, a.n. Ani Apriani, Kejuaraan Tinju Amatir “Bupati Cup I Kab. Bandung” antar Cabang se-Jawa Barat, di GOR Koni Kab. Bandung, 7 Juli 2011.
  2. Juara I dan III Taekwondow, Junior Under 68 Putra, 55 Putra, Investasi KTB CUP VI Tingkat Umur Hyorogi & Poomsae, Se-Kota Bogor, 2011.
  3. Juara I, Pencak Silat, Kelas C Putri, Kejuaraan Pencak Silat UMJ Open IV Tingkat SLTA Se-JABODETABEK di GOR Senen Jakarta Pusat, April 2011.
  4. Juara I, Yunior 48 Kg, Kejuaraan Tinju Amatir, atas nama Nur Apriani di Kota Bandung, Koni Kota Bandung, 26-27 November 2011.
  5. Juara I, Karate, 1 st Place Girls Kumite U 17 – 45 kg 1 st Netic Kyokustin Open Turnamen, GOR Cibinong, 26 Februari 2012.
  6. Juara I Karate, 1 st Place Girls Kumite U 17 – 45 kg 1 st Netic Kyokustin Open Turnamen, GOR Cibinong, 26 Februari 2012.

Paskibra

  1. Peringkat II, Pembawa Bendera Terbaik, Pada Lomba Pengibaran Bendera di Balai Kota Bogor, Tingkat Kota Bogor, 17 November 2012.
  2. Komandan Terbaik ke-2, Lomba Ketrampilan Baris Berbaris (LKBB) di Balaikota Bogor, se-Kota dan Kabupaten Bogor,Penyelenggara Purna Paskibra Kota Bogor, 23 Desember 2012.