Berita

Pelatihan dan Pelantikan Unit PMR SMA Kosgoro Kota Bogor 2023/2024

PMR Unit SMA Kosgoro Kota Bogor melaksanakan kegiatan masa orientasi PMR (MOP) 2023 bagi siswa-siswi kelas 10 dan 11 yang baru bergabung menjadi anggota PMR. Kegiatan ini dilaksanakan pada, 10 Agustus dan Jumat, 11 Agustus 2023. Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua hari. Hari pertama dilakukan di Aula Solidaritas SMA Kosgoro Kota Bogor dengan rangkaian agenda yang telah dipersiapkan panitia kelas 11 yang berjumlah 10 orang. Untuk mengawali kegiatan orientasi ini, dimulai dengan apel pembuka kegiatan. Sebagai pembina apel yaitu Bapak Kepala Sekolah, Herman Lasrin, S.P., M.Pd. dan sebagai pemimpin apel oleh Shaeren Marcella Mundung XI-4.  Dilanjutkan materi kepemimpinan oleh Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd., materi Pengenalan Gerakan Palang Merah & Bulan Sabit Merah oleh Pelatih Nahar Suparman. S.Kom. serta materi pelatihan siaga bencana dan pertolongan pertama(pp) yang disampaikan juga oleh pelatih kita Nahar Suparman. S.Kom.

Agar siswa tidak jenuh, karena kegiatan berlangsung dari pukul 10.20 sampai dengan 15.30 WIB. maka selain pemberian materi juga diberi icebreaking penyemangat dan beberapa game atau permainan yang menyenangkan. Setelah mendapatkan seluruh materi, para anggota PMR kelas 10 dan 11 yang berjumlah 18 orang ini harus melaksanakan kegiatan perkemahan Jumat, 11 Agustuas 2023 untuk mengikuti pelantikan dan mendapatkan syal PMR. Kegiatan perkemahan dilaksanakan di Grand Villa Patung Ikan Cihideung Bogor dengan tujuan memupuk rasa tanggung jawab dan kedisiplinan anggota PMR, menumbuhkan rasa keakraban antaranggota PMR, untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan antarsesama dan memererat rasa persaudaraan dan kesatuan anggota PMR unit SMA Kosgoro Kota Bogor. Mengingat bahwa PMR adalah organisasi yang berlandaskan kemanusiaa, kebersamaan, peduli terhadap  sesama dan tanggung jawab. Hal ini menjadikan PMR menjadi salah satu wadah untuk dapat menumbuhkan rasa kemanusiaan dan rasa sosial yang tinggi terhadap sesama. Untuk kemajuan organisasi PMR dilingkungan sekolah maka diperlukan anggota-anggota baru untuk mampu menjalankan kegiatan kemanusiaan dan membimbing mereka untuk menjadi manusia yang peduli terhadap sesama serta tangguh dalam menjalan kegiatan-kegiatan kepalangmerahan dan kesehatan di sekolah. Hal ini diujikan kepada peserta saat orientasi tengah malam saat pelaksanaan kemah. Panitia membuat pos uji pengetahuan dan keterampilan. Ada empat pos, pos pertama yaitu menjawab soal berjumlah 15 dan tes lisan seputar materi Kepalang Merahan, pos dua Pertolongan Pertama dan tandu evakuasi, pos tiga pertanyaan materi dari hari pertama, terakhir pos empat merupakan pos kepemimpinan dan kedisiplinan sekaligus pos pelantikan. Anggota baru ini dilantik oleh Bapak Herman Lasrin S.P., M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Kosgoro. Begitulah harapan dilaksanakannya orientasi PMR ini agar menciptakan penerus yang berkualitas dan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan serta dapat menerapkan 7 prinsip dan tri bakti PMI. Semoga PMR unit SMA Kosgoro Kota Bogor makin maju dan tangguh dalam menjalankan misi kemanusiaan. Aspeciya Humanity …!

 

 Apel Orientasi Palang Merah Remaja unit SMA Kosgoro

Penyampaian Materi Kepemimpinan oleh Kepala Sekolah SMA Kosgoro Kota Bogor

Herman Lasrin, S.P, M.Pd

  Pemyampaian Materi Kedisiplinan oleh Wakasek Bid. Kesiswaan Luthfi Hariri, S.Ag.

Penyampaian Materi Pengenalan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah  Oleh Nahar suparman S. Pd

 

Penyampaian Materi Keorganisasian PMR oleh Pembina PMR SMA Kosgoro Kota Bogor

 Yeni Satria Warman, S.Pd.

Ice Breaking

Pos 1 : Mengerjakan 15 Soal PG + Lisan

Pos 2 : Praktek Pertolongan Pertama & Tandu Evakuasi

 

 

Pos 3 : Materi OPM

 

Pos 4 : Menjawab soal Kepemimpinan

 

Penyematan Syal Kuning Kepada Peserta Orientasi dan Pelantikan Ketua PMR baru oleh Kepala Sekolah SMA Kosgoro Kota Bogor

Herman Lasrin, S.P, M.Pd

 

 Pembina dan Pelatih serta seluruh anggota PMR Unit SMA Kosgoro Kota Bogor