Berita

PASKIBRA SMA KOSGORO BERHASIL MERAIH KEJUARAAN DI LKBB ARSI 2 SE-PULAU JAWA OPEN

Salah satu ekstrakurikuler yang dikembangkan oleh SMA Kosgoro Bogor adalah Paskibra. Pasukan Khusus Gelora adalah nama peletonnya. Dalam kegiatan ini siswa dilatih baris berbaris dan variasi formasi juga hal yang penting adalah bagaimana mereka berlatih disiplin karena dalam Paskibra tanpa disiplin dan latihan tidak akan menghasilkan apa-apa.

 

Sebagai motivasi dalam ekstrakurikuler ini, maka pembina Paskibra bapak Sugito Suef S.Pd mengikutsertakan siswa siswi anggota paskibra dalam lomba yang diadakan oleh SMPN 2 Kemang Kabupaten Bogor dengan nama 'LKBB ARSI 2' pada Sabtu, 14 Oktober 2023  Lingkup lomba ini adalah Jabodetabek. Pesertanya terdiri dari SMP, MTs, SMK, SMA, dan MA se-Jabodetabek.

 

Dalam kegiatan lomba ini, maka peserta dari SMA Kosgoro  sebanyak 12 orang dan satu komandan harus bertanding menyisihkan lawan sebanyak 35 pleton.

Latihan yang dilakukan oleh peserta Paskibra begitu serius. Keseriusannya dapat terlihat dengan latihan yang terus menerus selama kurang lebih 3 minggu sebelum menjelang lomba, sehingga paskibra SMA Kosgoro mendapatkan :

  1. Juara Umum
  2. Juara Utama 2
  3. Juara komandan terbaik 1
  4. Juara PBB terbaik 3
  5. Juara Variasi Formasi terbaik harapan 2
  6. Juara Make-Up Terbaik 2
  7. Juara pelatih terbaik 2

 

“Mereka harus berlatih serius selama kurang lebih 3 minggu full. Di samping itu latihan disiplin pun harus menjadi prioritas utama. Karena tanpa disiplin, tidak akan terwujud paskibra yang handal. Selain itu ada beberapa aturan yang perlu mereka ikuti dalam kegiatan ekskul paskibra ini yaitu tidak meminum air dingin, tidak boleh meminum minuman selain air putih, tidak memakan makanan yang pedas." Ucap pembina ekstrakurikuler dan pelatih.

 

Kegiatan ekstrakurikuler Paskibra ini dihidupkan kembali setelah beberapa tahun mengalami kevakuman dikarenakan adanya Covid-19. Walaupun sudah lama tidak ada paskibra di lembaga kami, tapi Alhamdulillah kami bisa menghasilkan prestasi yang memuaskan sebagai juara umum. Insyaallah prestasi dalam paskibra ini akan dipertahankan bahkan ditingkatkan kembali, apalagi bisa mendisplinkan siswa dan berpengaruh positif terhadap kegiatan KBM, dan di antara mereka prestasinya cukup bagus dalam belajar.