SMA Kosgoro Kota Bogor pada awal berdirinya telah dijadikan Pilot Project sebagai sekolah percontohan dibidang pendidikan di lingkungan Kosgoro, dalam perkembangannya termasuk sekolah swasta yang diunggulkan di Kota Bogor dan sejak awal berdirinya telah menunjukkan prestasi yang dapat dibanggakan baik dalam bidang akademis maupun non akademis.


SMA Kosgoro adalah salah satu sekolah swasta unggulan di Kota Bogor. Dalam rangka pengembangan dan peningkatan mutu keluaran atau ketamatan telah mempunyai program khusus guna mencapai tujuan yang diinginkan berdasarkan visi dan misi yang dikembangkan di sekolah ini. Adapun Visi dan Misi SMA Kosgoro Bogor adalah :

" Menjadi SMA Swasta terdepan di Kota Bogor dan Unggul di Tingkat Nasional "

Top Panel

Cikal Bakal SMA Kosgoro

Berdirinya SMA  Kosgoro Kota Bogor diawali dengan berdirinya sebuah yayasan yang disebut Yayasan Dharma Setia KOSGORO (YDSK). YDSK terbentuk sebagai produk dari  pelaksanaan program Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) KOSGORO Kota Bogor periode 1986-1991.

SMA Kosgoro Saat Ini

Sejak awal pendiriannya pada tahun 1988, SMA Kosgoro Bogor telah memposisikan diri sebagai sekolah swasta dengan ciri Berwawasan Kebangsaan dan Keunggulan Teknologi, dengan  visi : "Menjadi SMA Swasta Terdepan di Kota Bogor dan Unggul di Tingkat Nasional".

Sarana Pengembangan Teknologi

Berdasarkan pengalaman selama 20 tahun, kini telah dikembangkan berbagai program-program yang sangat bermanfaat bagi siswa, laboratorium komputer dengan jaringan LAN, laboratorium multimedia, internet dan pendalaman bahasa Inggris.

Meraih Prestasi

Siswa dan siswi SMA Kota Bogor pada setiap tahunnya selalu memperoleh penghargaan dan mencetak prestasi bidang akademik maupun non akademik. Hal ini merupakan hasil nyata program pendidikan yang diterapkan dan pengembangan sarana yang memadai.

Wawasan Kebangsaan

SMA Kosgoro Bogor merupakan sekolah yang berwawasan kebangsaan sebagai wadah pembentukan generasi muda yang mempunyai semangat cinta tanah air, bersikap disiplin, semangat wawasan kebangsaan dan motivasi tinggi dalam belajar dan bersosialisasi.

SMA KOSGORO Terakreditasi "A"

Hasil pelaksanaan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah tahun 2010, seperti halnya pada tahun 2006 SMA Kosgoro Bogor kembali mendapat akreditasi "A" dengan nilai 97.04. Hal ini menunjukan konsistensi SMA Kosgoro Bogor dalam pendidikan masih layak dan mampu memenuhi standar mutu pendidikan di Indonesia.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN SMA

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pendidikan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

Standar Kompetensi Lulusan  meliputi:

  1. Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP)
  2. Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP)
  3. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP)

Pendidikan Menengah yang terdiri atas SMA/MA/SMALB/Paket C bertujuan:

Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta

keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut

A. Adapun Standar Kompetensi Lulusan  Satuan Pendidikan (SKL-SP) selengkapnya adalah:

  1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan  perkembangan remaja
  2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri  serta memperbaiki kekurangannya
  3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
  4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
  5. Menghargai keberagaman agama, bangsa,  suku, ras, dan golongan sosial  ekonomi dalam lingkup global
  6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  7. Menunjukkan  kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
  8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
  9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
  10. Menunjukkan kemampuan  menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
  11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
  12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab
  13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara  secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
  15. Mengapresiasi karya seni dan budaya
  16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
  17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta  kebersihan lingkungan
  18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
  19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di  masyarakat
  20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
  21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
  22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara  dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi

B. STANDAR KOMPETENSI KELOMPOK MATA PELAJARAN (SK-KMP)

Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) terdiri atas kelompokkelompok mata pelajaran:

  1. Agama dan Akhlak Mulia;
  2. Kewarganegaraan dan Kepribadian;
  3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
  4. Estetika;
  5. Jasmani, Olah Raga,  dan Kesehatan.

Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) dikembangkan berdasarkan tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni:

  1. Kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia bertujuan: membentuk  peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan  Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui  muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan kesehatan.
  2. Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian bertujuan:  membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan  dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan  agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
  3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan: mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik.  Pada satuan pendidikan SMA/MA/SMALB/Paket C, tujuan ini dicapai melalui  muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu  pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, teknologi informasi dan  komunikasi, serta muatan lokal yang relevan
  4. Kelompok mata pelajaran Estetika bertujuan: membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
  5. Kelompok mata pelajaran Jasmani, Olah Raga,  dan Kesehatan bertujuan: membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.

Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk masingmasing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:

1). Agama dan Akhlak Mulia

  1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
  2. Menghargai keberagaman agama, bangsa,  suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
  3. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
  4. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
  5. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
  6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
  7. Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
  8. Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab
  9. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
  10. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

2). Kewarganegaraan dan Kepribadian

  1. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
  3. Menghargai keberagaman agama, bangsa,  suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
  4. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab
  5. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
  6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
  7. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
  8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
  9. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
  10. Berkarya secara kreatif, baik individual maupun kelompok
  11. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
  12. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat kepribadian
  13. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

3). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

  1. Membangun  dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi  secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  2. Menunjukkan  kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif secara mandiri
  3. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
  4. Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang iptek
  5. Menunjukkan kemampuan  menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
  6. Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing
  7. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab
  8. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
  9. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
  10. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  11. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi

4). Estetika

  1. Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni
  2. 2. Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
  3. 3513. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
  4. 4. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok

5). Jasmani, Olah Raga,  dan Kesehatan guru

  1. Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
  2. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
  3. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan

Sumber: Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006, Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL)


 

Tambah komentar

Perhatian ! Dilarang memberikan komentar yang mencaci maki, asusila, berbau fornografi, mencemarkan nama baik dan melanggar hukum yang berlaku. Jika melanggar mohon maaf komentar Anda kami abaikan. Terimakasih.


Kode keamanan
Putar ulang

Warta Kosgoro

SMA Kosgoro Mendapat Akreditasi "A"

Selamat !, Hasil proses asesmen oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah pada tanggal 29-30 September 2010, SMA Kosgoro Kota Bogor kembali meraih peringkat Akreditasi "A" sesuai keputusan BAN S/M Provinsi Jawa Barat tanggal 09 Nov 2010. Hal ini membuktikan bahwa SMA Kosgoro Kota Bogor tetap TERDEPAN dan UNGGUL !... (Sumber berita : lihat disini..)

 
Libur Lebaran 1435 H

Bapak/Ibu Orang tua wali murid Kelas X, XI, dan XII 
SMA Kosgoro Bogor
di Bogor

Sehubungan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1435 H, diberitahukan bahwa :

 1.   Libur sekolah pada tanggal 20 Juli s/d  04 Agustus 2014
2.   Pada tanggal 05 Agustus 2014 siswa masuk sekolah menggunakan Baju Koko

Acara Halal-Bihalal


Keluarga besar SMA Kosgoro Bogor, mengucapkan

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H,
Mohon Maaf Lahir Batin
" kepada Bapak/Ibu Orang Tua Wali Siswa.


 

Login Form



Alih Bahasa

Indonesian English French German Italian Malay Portuguese Russian Spanish

Pengunjung

Ada 13 Tamu online

Go up