Berita

Info dan Panduan PPDB 2021-2022

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SMA KOSGORO KOTA BOGOR
TAHUN PELAJARAN 2021/2022


SEKILAS  SMA KOSGORO KOTA BOGOR

SMA Kosgoro Kota Bogor didirikan sejak tahun 1988.   Sejak awal berdirinya telah memposisikan diri sebagai Sekolah Swasta Berwawasan Kebangsaan dan Keunggulan Teknologi.  SMA KOSGORO selain telah menempatkan bidang teknologi informasi (Komputer) sebagai ciri Khas dalam penyelenggaraan pendidikan, hal lain yang menjadi prioritas dan telah dikenal oleh masyarakat adalah Sekolah dengan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar dan kedisiplinannya.

SMA Kosgoro mendapat Izin dari Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat dengan Nomor 356/102/Kep/E/88, dan kini telah memiliki status TERAKREDITASI “A”  dengan nilai 98 oleh Badan Akreditasi Nasional Propinsi Jawa Barat  Nomor: 02.00/203/BAP-SM/SK/XII/2015.

Seiring dengan tumbuhnya kepercayaan dari masyarakat, SMA Kosgoro Kota Bogor dari tahun ke tahun terus meningkat dan berkembang. Saat ini keadaan jumlah peserta didik yang dibina sebanyak 786 peserta didik yang terbagi menjadi 25 rombongan belajar dengan didukung tenaga pendidik 47 orang, 6 tenaga administrasi, 3 karyawan bagian umum, 6  SATPAM dan 6 petugas kebersihan.

SMA Kosgoro dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan ditunjang pula dengan fasilitas Ruang guru, Ruang Tata Usaha/Administrasi, Ruang konseling, Ruang UKS, Ruang OSIS,  Lapangan olah-raga (Futsal, Voli, Basket, Bulu Tangkis, Tenis Meja), Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa dan Multimedia, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia dan Biologi,  Mushola, Kantin dan Perpustakaan.

SMA Kosgoro dengan keunggulan teknologi telah melakukan beberapa inovasi, yaitu :

1. Kehadiran siswa, guru, dan karyawan telah menggunakan finger print, sehingga lebih akurat, datang tepat waktu, dan laporan kehadiran diperoleh dengan cepat dan tepat.

2. Sistem penilaian telah menggunakan smartphone berbasis android, sehingga hasil ujian dapat diperoleh dengan cepat.


VISI DAN MISI SMA KOSGORO

VISI

“Menjadi SMA Swasta terdepan di Kota Bogor dan unggul di   Tingkat Nasional”

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan berwawasan lingkungan dan berwawasan kebangsaan yang berdasarkan Imtaq dan Iptek.
  • Mengembangkan pelayanan pendidikan profesional dalam memenuhi harapan peserta didik.
  • Mengembangkan sarana pendidikan untuk meningkatkan prestasi belajar.
  • Berorentasi pada pengembangan mutu secara berkelanjutan dengan semangat kebersamaan, efisien dan akuntabel.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

Masa penerimaan peserta didik baru SMA Kosgoro Kota Bogor dibuka mulai tanggal 29 Januari 2021 dan akan ditutup pada tanggal 17 Juli 2021.

  • I, tanggal 29 Januari s.d. 17 Juli 2021.

Pendaftaran setiap hari kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul  16.00  WIB, di Kampus SMA KOSGORO. Jl. Pajajaran No.217A Bogor Telp 0251-8312505, 8345168. 

PERSYARATAN KEUANGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

GELOMBANG I  - Rp. 6.875.000,-

No. Uraian Gelombang 1
29 Januari – 17 Juli 2021
1. Administrasi Pendaftaran 360,000
2. Biaya Masuk Siswa Baru  
  a. IPSP (Iuran Pengembangan Sarana Prasarana) 4,000,000
  b. SPP (Bulan Juli) 500,000
  c. IPK (Iuran Pendidikan Ketrampilan) 400,000
  d. MOS, Demo Ekstra, Pertemuan Orangtua 285,000
  e. Seragam 750,000
  f. IKK (OSIS) 300,000
  g. Kartu pelajar, Sampul Raport, Foto 280,000
  Jumlah 6,875,000


PERSYARATAN ADMINISTRATIF

Persyaratan pendaftar adalah lulusan SMP/MTs tahun pelajaran 2020/2021 dengan menyerahkan berkas-berkas berupa:

  1. Foto copy Ijazah/STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) yang telah dilegalisasi 2 lembar.
  2. Foto copy SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisasi sebanyak 2 lembar;
  3. Foto copy buku raport kelas 7 s.d 9 yang telah dilegalisir
  4. Pas Foto 2x3 dan 3x4, masing-masing 2 lembar
  5. Foto copy NISN
  6. Foto copy Akte Kelahiran dan Kartu keluarga (KK)
  7. Surat Kelakuan Baik dari sekolah

TATA CARA / PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Pendaftar menghubungi petugas pendaftaran dan dicatat oleh petugas pendaftaran
  2. Petugas pendaftaran menerbitkan pengantar pembayaran iuran
  3. Pendaftar membayar iuran pada kasir sesuai ditentukan dalam pengantar pembayaran
  4. Pendaftar menyerahkan lembar ke 2 pengantar pembayaran yang sudah ditandatangani kasir kepada petugas pendaftaran untuk dimasukan kedalam berkas-berkas pendaftaran
  5. Pendaftar menandatangani pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan
  6. Seluruh berkas diisi oleh pendaftar dan harus diserahkan kembali ke petugas pendaftaran

 Gelombang I

  • Waktu pendaftaran 29 Mei s.d. 17 Juli 2021.
  • Menyerahkan bukti kelulusan/foto copi rapor kelas 7 s.d. 9 yang telah dilegalisir.
  • Saat mendaftar membayar uang pendaftaran sebesar Rp 360.000,-
  • Daftar ulang / Registrasi dan pelunasan keuangan paling lambat satu minggu setelah peserta didik dinyatakan diterima.
  • Batas Pembayaran Minimal Gelombang I adalah   2.000.000,-. Apabila target penerimaan sudah terpenuhi, pendaftaran akan ditutup sebelum waktu berakhir.

Buku pedoman berisi selain informasi dan petunjuk yang rinci mengenai penerimaan dan pendaftaran yang perlu diketahui oleh calon peserta didik, juga berisi formulir-formulir sebagai berikut:

  • Formulir Pendaftaran (diisi ditandatangani, serta diserahkan kembali pada saat pendaftaran).
  • Formulir Pernyataan Peserta didik
  • Formulir Data Peserta didik.

Pendaftaran Registrasi:

Pada saat melaksanakan pendaftaran registrasi,calon peserta didik sudah harus melengkapi semua persyaratan keuangan dan menyerahkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Foto copy Ijazah atau STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) dan SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisasi masing-masing sebanyak 2 lembar;
  2. Foto kopi rapor kelas 7 s.d. 9 yang telah dilegalisir.
  3. Foto ukuran 2x3 dan 3x4, masing-masing 2 lembar;
  4. Foto copy akte kelahiran
  5. Foto copy NISN
  6. Surat kelakuan baik dari sekolah
  7. Salinan (foto copy) bukti pembayaran keuangan.
  8. Berkas-berkas pada butir a/g di atas dimasukkan pada map dan diserahkan kepada petugas Panitia PPDB.

KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)

Setelah menyelesaikan semua persyaratan dan prosedur di dalam proses penerimaan peserta didik baru, kepada seluruh calon peserta didik diwajibkan untuk mengikuti seluruh kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) yang materinya terdiri:

  1. Empat Pilar Bangsa (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika)
  2. Visi Misi dan Program sekolah
  3. Wawasan Kebangsaan
  4. Cara belajar efektif
  5. Tata krama dan Tata tertib peserta didik
  6. Lagu-lagu nasional dan daerah
  7. Kegiatan kerohanian
  8. Pengenalan/demo ekstrakurikuler
  9. Penyuluhan bahaya obat terlarang dan HIV AIDS
  10. Pengenalan lingkungan
  11. Sosiodrama
  12. Dialog/pertemuan orang tua dan sekolah

PROSEDUR PENGUNDURAN DIRI PESERTA DIDIK BARU

Sebelum berakhirnya masa penerimaan peserta didik baru Tahun Pelajaran 2021/2022, calon peserta didik yang telah menyelesaikan sebagian dan atau seluruh persyaratan penerimaan peserta didik baru yang bersangkutan, dapat mengajukan permohonan pembatalan atau pengunduran diri dengan mengisi formulir permohonan pengunduran.

Kepada calon peserta didik yang  mengundurkan diri dari penerimaan peserta didik baru karena alasan:

  1. Diterima di Sekolah Negeri/Swasta berdasarkan hasil tes dan dibuktikan dengan surat yang syah dari sekolah negeri yang bersangkutan, dibebani biaya administrasi sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) untuk gelombang I dan Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) untuk gelombang II.
  2. Pindah ke sekolah lain masih dalam pelaksanaan MPLS atau sebelum tanggal 21 Juli 2020, dikenakan biaya administrasi Rp 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah)
  3. Pindah ke sekolah lain setelah MPLS selesai atau kegiatan belajar mengajar sudah dimulai (tanggal 21 Juli 2021), maka seluruh biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan
  4. Pindah ke sekolah lain setelah mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar selama tiga bulan (sampai dengan bulan Oktober 2021) berkewajiban menyelesaikan pembayaran Iuaran Penyelenggaraan Pendidikan (IPP)/SPP selama satu tahun (12 bulan)
  5. Biaya yang akan dikembalikan kepada calon peserta didik yang bersangkutan dilaksanakan paling lambat satu minggu sejak diterimanya surat permohonan pengunduran diri yang bersangkutan.

 PROSEDUR PENERIMAAN PESERTA DIDIK  PINDAHAN

SMA Kosgoro menerima peserta didik pindahan dari sekolah lain yang sejurusan, sepanjang formasi ruang masih ada, memenuhi persyaratan, dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan berdasarkan kentuan yang berlaku.

 PERSYARATAN UMUM

Secara  umum peserta didik pindahan yang dapat diterima oleh SMA Kosgoro adalah mereka yang telah menyelesaikan beban pelajaran pada jenjang yang telah dilalui dan tidak dalam status dikenakan sanksi serta memiliki perilaku yang baik (tingkat kehadiran baik) selama yang bersangkutan memiliki jenjang status akreditasi yang sama dengan SMA Kosgoro.

 PERSYARATAN KHUSUS

  1. Calon peserta didik pindahan terlebih dahulu menyampaikan secara tertulis permohonan pindah dengan melampirkan:
  • Surat Keterangan Pindah dari SMA asal
  • Surat Keterangan Pindah dari Dinas Pendidikan wilayah asal.
  • Buku rapor sekolah asal.
  • Bersedia mengikuti tes wawancara dan tertulis.
  • Setelah permohonan disetujui pemohon diwajibkan memenuhi seluruh persyaratan-persyaratan dan menempuh prosedur / tata cara penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022. Setelah seluruh  persyaratan dan prosedur di atas dipenuhi oleh calon peserta didik yang bersangkutan.

SMA Kosgoro Kota Bogor Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan dengan Keunggulan Teknologi.

Jl. Raya Pajajaran No. 217 A, Bogor, Jawa Barat

0251-8312505

info@sma-kosgoro.sch.id