MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

PESANTREN KILAT DENGAN KURMA

Bulan Ramdhan disebut bulan syahrul at tarbiyah atau bulan pendidikan dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi SMA Kosgoro  dengan kegiatan pesantren kilat (sanlat). Sebanyak 635 siswa  kleas X dan XI mengikuti kegiatan sanlat selama empat hari pada tanggal 13 s.d. 16 Juni 2016 yang di selenggarakan di SMA Kosgoro.  Dalam kegiatan ini menggandeng Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Bogor dan moitator MC Kuadrat. Ketua panitia Hj Iis Mulyani memberi nama sanlat ini dengan sebutan Kosgoro untuk Ramadhan yang Mulia dan Agung (Kurma). Materi dalam kegiatan ini meliputi dzikir, shalat dhuha, tauhid, fikih, ibadah, akhlak, baca tulis Al Qur’an, motivasi, bakti social dan perlombaan. 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam sambutannya meminta kepada seluruh siswa untuk memanfaatkan bulan Ramadhan dengan berpuasa dengan ikhlas, shalat tarawih, memperbanyak ibadah, memperbanyak shadaqah, memperbanyak membaca Al Qur’an dan menjuhkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

Selain pemberian materi-materi keagamaan,  juga ada kegiatan pendalaman materi, di isi dengan lomba cepat tepat, kaligrafi dan pidato. Keluar sebagai juara pidato Lutfi Suzan kelas 10-8, Jif Herawati kelas 11-IPA.5 dan Gipari Ikhlosul kelas11-IPA 3.

Sebagai kegiatan penutup diadakan kegiatan bakti sosial. Terkumpul beras 90 kg, gula 40 kg, terigu 40 kg, minyak goreng 150 kg, mie instan 10 dus dari siswa kelas 10-dan 11. Semua itu disumbangkan oleh siswa yang diwakili oleh OSIS dan Rohis ke Panti Asuhan Aqil Akbar di Kedung Halang Bogor.