MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO DIANUGERAHI RAKSA PRASADA SBL 2016

Dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-Dunia Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016, Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD)  Provinsi Jawa Barat memberikan Penghargaan Raksa Prasada Kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) se-Jawa Barat kepada sekolah-sekolah   yang dinilai berprestasi dalam mengembangkan Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL).

 Dari Kota Bogor ada delapan sekolah penerima  penghargaan Raksa Prasada Kategori Sekolah berbudaya Lingkungan (SBL) Tahun 2016 yaitu; SMA Kosgoro, SMPN 14, SMPN 15, SMP Bina Greha, SDN Cimahpar 4, SDN Polisi 4, SDN Neglasari, dan SDN Cilendek 1.

 Kegiatan yang diadakan di pelataran Gedung Sate dan dihadir oleh Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan , Gubernur Jawa Barat, dan Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat, serta sekolah dan masyarakat peduli lingkungan.

 Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan  bahwa  Provinsi Jawa Barat yang menegaskan kembali komitmennya untuk mengelola dan melindungi lingkungan hidup. Hal ini bisa dilihat dari penanganan Daerah Aliran Sungai (DAS) setelah ditetapkan rencana aksi perbaikan DAS Citarum sepanjang 20 kilometer sebagai solusi mengurasi beban pencemaran air di DAS Citarum. Lebih lanjut Ahmad Heryawan menegaskan bahwa tujuan pembangunan secara mikro adalah untuk mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran dan menghasilkan kelestarian lingkungan.

 Dalam kesempatan itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan  memberikan secara simbolis piala dan piagam penghargaan Raksa Prasada ketegori Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL), dan selanjutnya pembagian piala dan piagam oleh Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat DR.  Anang Sudrajat.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo salah satu penerima  Raksa Prasadha SBL 2016 dari Kota Bogor  merasa bangga dengan penghargaan ini.  Menurutnya penghargaan ini merupakan penghargaan seluruh warga sekolah, mulai  dari siswa, guru, karyawa, yayasan dan orang tua siswa. Tri Atmojo berharap penghargaan Raksa Prasadha kategori SBL 2016 ini memberikan motivasi kepada seluruh warga sekolah untuk terus bersemangat dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah, serta mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya yaitu mengikuti seleksi Sekolah Adiwiyata Nasional. Untuk persiapan itulah kedepan SMA Kosgoro akan meningkatkan edukasi yang berfokus pada efektifitas dan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya alam, pola hidup sehat, serta  mengurangi timbunan sampah dengan pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomi  bagi para siswa dan lingkungan. “Hanya dengan kerja keras dan parsipasi seluruh warga sekolah SMA Kosgoro sebagai sekolah Adiwiyata Nasional akan terwujud, dengan melihat semangat para guru, siswa dan seluruh warga sekolah InsyaAllah itu tercapai,” demikian harapannya.