MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO SOSIALISASIKAN POLA MAKAN B2SA

Dalam rangka meningkatkan kesehatan para siswa SMA Kosgoro Kota Bogor bekerja sama dengan Kantor Ketahanan Pangan Kota Bogor yang berkantor di Jl. Raya Cipaku No. 27A mengadakan sosialisasi Pola Makan Dengan Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) di Gedung Solidaritas SMA Kosgoro pada hari Jumat 12 Agustus 2016. Hadir dalam kesempatan itu sebagai nara sumber Irma Arlini Dewi,STP, MSc. Kasi Konsumsi dan Keamanan Pangan Kantor Ketahanan Pangan Kota Bogor.

 

Dalam sambutan pembukaan Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo meminta para siswa untuk membiasakan sarapan pagi. Kegitan belajar dari jam 7-16 bagi anak mebutukan ketahanan fisik yang prima untuk dapat konsentrasi dalam menerima pelajaran. Menurutnya sarapan pagi bagi kesehatan akan meningkatkan daya tahan tubuh, mereka yang rajin sarapan dengan gizi yang baik akan memiliki ketahanan fisik yang tinggi sehingga tidak mudah lelah ketika menerima pelajaran.

 

Irma Arliani Dewi dalam pemaparannya di hadapan para siswa menjelaskan tentang Pedoman Gizi Seimbang (PGS) melalui prinsip menu B2SA alias Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman. Menurutnya B2SA adalah aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral yang bila dikon sumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan, dan aman untuk tubuh.

 

Lebih lanjut Irma Arlini Dewi yang S2 Food Quality Management Wageningen University Belanda ini menjelaskan mengapa harus B2SA, karena tidak ada satu jenis pangan yang mengandung zat gizi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Manusia membutuhkan lebih kurang 45 jenis zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air dalam jumlah yang cukup dari jenis makanan untuk hidup sehat, aktif dan produktif.

 

Irma Arlini Dewi memuji ketersediaan kantin sekolah yang sudah bagus, namun dia berpesan agar para pedagang kantin dilakukan pembinaan terutama mengenai kandungan gizinya dan terhindar dari zat-zat yang berbahanya. Irma berjanji bersedia melakukan uji makan yang ada di kantin SMA Kosgoro apabila diperlukan.