MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

PENERAPAN BUDAYA DEMOKRASI  MELALUI PEMILU OSIS

SMA Kosgoro Kota Bogor pada tanggal 29 September 2016 melaksankan pesta demokrasi melalui pemilihan Ketua OSIS. Sebagnyak 960 siswa  dan beberapa guru  ambil bagian dalam kegiatan itu.

 

Ada tiga calon ketua OSIS Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu Armal Guntur dari kelas XI-IPA 5, Dealitha Meilinia dari kelas XI-IPA 1, dan Tubagus Fadia dari kelas XI-IPA 2. Para calon ketua OSIS ini telah lolos seleksi yang diselenggarakan oleh sekolah itu siap menang dan siap kalah. Seperti yang disampaikan Arma Guntur dengan visinya ingin mewujudkan OSIS SMA Kosgoro lebih maju dan berkarakter itu, “saya siap menang dan siap kalah, siapun yang terpilih saya menghormati dan akan mendukungnya”.

 

Para siswa antusias mengikuti kegiatan ini karena disamping merupakan bentuk pendidikan demokrasi untuk menyalurkan aspirasinya juga merupakan hiburan.

 

Menurut Wakal Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yang juga pengajar pelajaran Penididkan Kewarganegaraan (PKn)  Sugito Suef   yang mengkaitkan pemilihan OSIS dengan pelajaran PKn, bahwa PKn memiliki tujuan untuk mewujudkan warga Negara yang baik ( to be good citizenship). Dengan pemilu  OSIS ini diharapkan para siswa belajar melaksankan hak dan kewajiban serta mewujudkan budaya demokrasi.

 

Hal tersebut dikuatkan oleh Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo. Menurutnya sikap demokratis di kalangan siswa dapat ditumbuh kembangkan di lingkungan kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, masyarakat, maupun keluarga. Sikap demokratis yang tertanam sejak dini akan memberikan pengaruh yang baik kepada seseorang pada kehidupannya masa yang akan datang saat siswa tersebut telah memiliki hak politik penuh sebagai warga Negara.

 

Dalam hubungannya dengan suksesi kepemimpinan OSIS maupun pembelajaran demokrasi di sekolah, SMA Kosgoro telah nerapkan prinsip-prinsip demokratis dalam pelaksanaannya.  OSIS sebagai organisasi siswa intra sekolah merupakan suatu wadah dalam menyalurkan dan mengembangkan bakat, potensi kepemimpinan dan keorganisasian serta kerja sama siswa, berjalan sangat dinamis dan aktif.  Betapa tidak, mulai rekrutmen tiga kadidat Ketua OSIS sampai pemilihan serta pelantikannya dilaksanakan secara transparan.

 

Tri Atmojo berharap OSIS sebagai satu-satunya organisasi siswa yang sah di sekolah   sebagai wadah  siswa berorganisasi dan menampung seluruh kegiatan siswa  benar-benar akan terwujud dan semakin maju. “ Melalui OSIS diharpkan  berkembang potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas, semakin mantab kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan,  dan yang sangat penting sebagai tempat  menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis” , demikian

pungkasnya.