MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO LAKSANAKAN UJICOBA CBT

Selama tiga hari, tgl. 11-13 Oktober 2016 SMA Kosgoro Kota Bogor  melaksanakan Ujicoba sistem ujian berbasis Komputer (CBT) yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementrian Pendidikan dan Kebuadayaan.  Selain  SMA Kosgoro yang menyelenggaran ujicoba sistem untuk persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah SMA Neger 1 s.d. 10, SMA Pesat, SMA YPHB, dan MA Negeri 2, SMK Negeri 1,3 SMK PGRI 3, SMA Wikrama, SMP Negeri 1 dan SMA Kosgoro.

 

 

Untuk kelancaran kegiatan penyelenggaran ujicoba ini dimonitoring langsung ke sekolah dari Puspendik, dan pengawas dari perguruan tinggi. Sedangkan pihak sekolah menyediakan proctor dan teknisinya.

 

Penanggungjawab kegiatan yang juga Waka Kurikulum Reni Herawati menjelaskan bahwa pelaksanaan ujicoba sistem berbasis computer (CBT)  ini menggunakan model semi online, yaitu model ujian ujian berbasis computer yang koneksi internet hanya dibutuhkan sebelum ujian untuk sinkronisasi informasi soal dan informasi peserta dan sesudah ujian untuk mengunggah data jawaban peserta ujian.  Pada saat pelaksanaan ujian tidak memerlukan koneksi jaringan internet. Untuk itu sekolah hanya perlu menyediakan server local.

 

Ada enam mata pelajaran yang diujian di tingkat SMA. Program IPA mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, sedangkan  untuk Program IPS mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indoenesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sosiologi dan Geografi.

 

Ujicoba yang dilaksanakan tiga hari yang dilaksanakan di ruang komputer sekolah. Dalam satu hari ada dua kali pengujian ( dua sesi), yang melibatkan siswa kelas 12 dalam uji coba ini. Pelaksanaan ini dikondisikan seperti UNBK yang sebenarnya, sehingga siswa diminta mengikuti tata tertib ujian dan mengerjakan semua soal yang diberikan secara serius.

 

Kepala sekolah SMA Kosgoro Tri Atmojo menyambut gembira  pelaksanaan ujicoba sistem CBT,  menurutnya SMA Kosgoro tetap komitmen untuk menyenggarakan UNBK tahun 2017 ini, karena aspek kejujuran bisa dipertangungjawabkan,  meskipun terjadi penurunan perolehan hasil UN tahun 2015/2016 tetapi untuk membenahi dunia pendidikan dalam pendidikan kareakter hal ini tetapi ditempuh. 

 

“Secara tempat dan infrastruktur  kami terus berbenah untuk lebih sempurna lagi dari penyelenggaraan UNBK tahun lalu, baik itu menyangkut ruang ujian, menyiapkan server, client dan jaringan LAN dan WAN, intalasi aplikasi internet dan perlengkapan pendudkung lainnya. Semoga ujicoba ini lancar demikian juga UNBK-nya nanti,” demikian Tri Atmojo harapannya.