MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

MELALUI HSP KE-88 KITA WUJUDKAN PEMUDA YANG SANTUN, CERDAS, INSPIRATIF DAN BERPRESTSI

Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-88 Tahun 2016 diselenggarakan secara nasional di tingkat  Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan  dan Perwakilan RI di luar negeri. Peringatan Hari Sumpah Pemuda  ke-88 juga diselenggarakan di SMA Kosgoro Kota Bogor dengan Pembina upacara Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro DR. Drh. H. Widiyanto Dwi Surya, M.Sc. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, karyawan dan pengurus yayasan, sedangkan petugas upacara dari tim  Paskibraka SMA Kosgoro.

 

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo yang mendampingi ketua yayasan  menjelaskan, tema  HSP tahun ini adalah “Pemuda Indonesia Menatap Dunia”. Sebagai sekolah yang berwawasan kebangsaan merupakan kewajiban untuk mewujudkan tema tersebut  dan  untuk selalu membangun semangat pemuda dalam mengiplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda.  Disamping itu kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun karakter kepemimpinan pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinekaan.

 

Pembina  upacara Widiyanto Dwi Surya dalam amanatnya selain membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah raga Republik Indonesia juga menyampaikan pesan khusus. Menurutnya peringatan sumpah pemuda di SMA  diharapkan dapat mewujudkan “Pemuda yang santun, cerdas, inspiratif dan berprestasi.”  Pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, menghormati yang lebih tua, dan menyayangi yang lebih muda, serta peduli terhadap sesame. Oleh karena itu siswa SMA Kosgoro dituntut untuk santun dalam perkataan, pikiran, dan perbuatan.

 

Pemuda yang cerdas adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapai, yang memiliki komptensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.

 

Pemuda inspiratif adalah pemuda yang mampu member inspirasi bagi pembangunan bangsanya, inspirasi bagi perubahan, dan inspirasi dalam mengembangkan generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi.

 

Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang senantiasa berorientasi pada kejayaan, keunggulan, dan kegemilangan masa depan. Pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang tidak mudah menyerah, bertanggungjawab, dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakat dan bangsanya.

 

Widiyanto mantan dosen Fakultas  Peternakan IPB yang baru menjabat dua bulan sebagai ketua yayasan itu dalam sambutan penutupnya meminta kepada bapak ibu guru untuk melakukan pendidikan secara sungguh-sungguh sehinga melalui HSP ke-88 di  SMA Kosgoro ini terwujud generasi yang santu, cerdas, inspiratif, dan berprestasi. “Semoga kita semua, generasi muda Indonesia, penerus pemegang estafet perjuangan yang dibanggakan dapat memetik hikmah yang terkandung dalam peringatan Hari SUmpah Pemuda saat ini,” demikian harapannya.