MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

DENGAN NIHONGGO PARTNERS BELAJAR LEBIH MENARIK

Dari 37 sekolah di Indonesia, SMA KOsgoro Kota Bogor kembali terpilih sebagai sekolah penerima tenga Japanse Language Education Assistant (Native Speaker) dalam Program “Nihongo Partners” dari The Japan Foundation Jakarta untuk  gelombang 5 yang akan mulai bertugas 16 Agustus 2016 hingga 16 Maret 2016.

 

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menjelaskan, untuk keperluan tersebut Japan Foundation telah mengundang tim pengajar Bahasa Jepang untuk mengadakan persiapan dalam bentuk workshop dua hari (12-13 Agustus 2016)  bersama para Nihongo Partners yang akan bertugas di sekolah masing-masing dan pada tanggal 15 Agustus dilakukan upacara pelepasan Nihongo Partners di Hall The Japan Foundation, Jakarta Gedung Summitmas I, lantai 2 Jl. Raya Jend. Sudirman Kav. 61-62, Jakarta.  

 

Lebih lanjut Tri Atmojo mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbud khususnya Sekretaris Jendral Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama  Luar Negeri serta pemerintah Jepang yang telah menginisiasi program Nihongo Partners dan kepada  Acia Center, The Japan Foundation. Melalui program ini semoga terjadi pertukaran budaya antar kedua negara, khususnya budaya di Jawa Barat yaitu budaya Sunda.  Di SMA Kosgoro I Kumi Kinjo yang di panggil  I Kumi  ini diharapkan program Nihongo Partners dapat memberikan pembelajaran kebudayaan dan Bahasa Jepang yang lebih baik dan menyenangkan bagi kepada para siswa.

 

Guru Bahasa Jepang SMA Kosgoro Nani  Mulyani merasa senang dan terbantu dengan adanya penutur asli Bahasa Jepang atau Nihonggo Partners.  “ Nihonggo Partners telah member warna baru dalam pembeljaran bahasa Jepang di Sekolah. Tidak hanya guru yang terbantu, tetapi para siswa merasa senang bisa belajar langsung dengan orang  Jepang. Dengan team teaching maka proses belajar lebih menarik dan menyenagkan,” demikian Nani menjelaskan.

 

Para siswa, seperti Sarah Pramudya Wardani kelas 10-MIA 3, M. Alman Fachriana kelas 12-IPS 2 dan Agisti Fajrin kelas 12-IPA 4  mereka sangat senang dengan kehadirhan I Kumi Sensie. “Di Nihon Club kami belajar banyak, mulai dari belajar bermain music, membuat sushi dan bermain game. Kami pun sangat terkesan dengan pribadi I Kumi yang baik dan ramah dalam mengajar,” demikian kata mereka.

 

I Kumi Kinjo sendiri merasa senang bisa berbagi dengan para siswa dan guru di SMA Kosgoro. I Kumi  yang baru  usia 22 tahun asal Yokozutsumi, Tsurumi-ku, Osaka-City, keberadaannya di Indonesia juga sambil belajar tetang bahasa dan kebudayaan Indonesia terutama Jawa Barat, karena  saat ini I Kumi sedang kuliah di Jepang mengambil jurusan Bahasa Indonesia, jadi ini sambil menyelam minum air.

 

“Saya terkesan  karena sisa-siswi SMA Kosgoro aktif dalam belajar. Saya berharap mereka dapat berbahasa Jepang dengan baik juga pola kehidupan yang baik dari orang Jepang dapat dicontoh dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam kedisiplinan dan dalam menjaga kebudayaannya meskipun Jepang sudah menjadi Negara maju,” demikian harapannya I Kumi Kinjo.