MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

TIPS SUKSES MENJADI PELAJAR MENURUT BIMA ARYA

Upacara Bendera hari Senin, 19 Desember 2016 di SMA Kosgoro mendapat kehormatan dengan hadirnya Walikota Bogor Bima Arya  sebagai Pembina upacara. Turut mendampingi Camat Bogor Utara, Lurah Bantarjati, Kabid Dikmen, unsur  Kepolisian dan  Koramil, dari SMA kosgoro selain guru dan karyawan hadir juga ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro Widiyanto Dwi Surya dan Jajarannya.

 

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menyambut gembira atas kehadiran Walikota dan rombongan meskipun mendadak pemberitahuan ke sekolah. Tri Atmojo menjelaskan, ini merupakan  hari terakhir pelaksanaan upacara di SMA Kosgoro pada semester ganjil ini. Merupakan  kebahagiaan bagi kami keluarga besar SMA Kosgoro hadir sebagai Pembina upacara Walikota Bogor yang bertepatan dengan Hari Bela Negara (HBN) yang merupakan hari bersejarah di Indonesia yang jatuh pada  tanggal 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra Barat pada tahun 1948.  Kehadiran Walikota Bogor diharapkan akan memberikan motivasi siswa untuk lebih berprestasi dengan berkarakter yang kuat.

 

Walikota Bogor Bima Arya dalam amanatnya sebagai Pembina upacara selain menyampaikan informasi pembangunan Kota Bogor juga memberikan tips untuk menjadi pelajar yang berprestasi dan sukses di masa yang akan datang. Menurut Bima Arya pelajar yang sukses itu “seperti naik sepeda.” Dalam naik sepeda yang pertama harus mempunyai tujuan. Seorang pelajar akan sukses dalam hidupnya apabila mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan  akan menentukan bagaimana seseorang berfikir dan bertindak. Pelajar yang mempunyai tujuan dalam belajar akan lebih fokus pada hal yang mendukung pencapaian tujuan mereka. Yang kedua adalah bergerak atau  dinamis.  Pelajar yang sukses adalah pelajar yang penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri  dengan keadaan. Ketiga adalah keseimbangan, keseimbangan antara prestasi akademis dan prestasi dalam kehidupan sosialnya, kesemimbangan dunia dan akhiratnya. “Orang-orang sukses adalah mereka memiliki profesionalisme dan berkarakter, dua hal itu sangat penting untuk menjadi pemimpin masa yang akan datang, banyak orang yang meliliki profesionalisme tetapi karena tidak berkarakter akhirnya gagal dalam hidupnya karena  korupsi, kolusi dan nepotisme,” demikian pungkas Bima Arya.

 

Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro Widiyanto mengamini apa yang disampaikan Walikota Bima Arya tersebut. Widyanto memperjelas lagi bahwa dalam menentukan tujuan harus S.M.A.R.T, yang artinya specific (khusus) yaitu tujuannya harus jelas dan fokus, measurable (terukur), attainable (dapat dicapai), relevant (relevan), time-based (berbasis waktu).  Widiyanto yang baru menjabat tiga bulan sesuai dengan visinya akan menjadikan SMA Kosgoro  sebagai sekolah swasta terdepan di Kota Bogor. "