MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

MAKNA UPACARA HARI SENIN

Semua sekolah di Kota Bogor bahkan di Jawa Barat pada hari Senin, 9 Januari  2017 mulai masuk dengan upacara bendera, demikian juga yang terjadi di SMA Kosgoro. Semua guru dan karyawan  mulai beraktifitas lagi setelah libur akhir semester ganjil selama dua minggu.  Untuk upacara perdana di SMA Kosgoro petugas upacara dari tim paskibra dengan Pembina upacara kepala sekolah Tri Atmojo.

 

 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sugito Suef memberikan keterangan landasan pelaksanaan upacara bendera hari senin adalah Inpres No. 14 Tahun 1981 tentang Upacara Bendera dan Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

 

Dalam Inpres No. 14 Tahun 1981 disebutkan acara upacara antara lain pengibaran Bendera Merah Putih diiringi dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur, pembacaan UUD 1945, Pembacaan Pancasila yang diikuti oleh para peserta upacara, sambutan inspektur upacara.

 

Sedangkan dalam Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tenteng Penumbuhan Budi Pekerti melalui  pembiasaan-pembiasaan terutama dalam menumbuhkankembangkan nilai-nilai kebangsaan dan kebinekaan.  Melaksanakan upacara bendera setiap hari senin dengan mengankan seragam akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menerima keberagaman sebagai anugerah untuk bangsa Indonesia.

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam amnatnya sebagai Pembina upacara menjelaskan bahwa upcara bendera hari Senin menjadi bagian dari interaksi edukatif. Upacara juga menjadi instrument atau alat yang cukup efektif untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai tertentu serta upaya mengaktualkan potensi-potensi peserta didik. Nilai-nilai yang bisa didapatkan dari pembiasaan upacara bendera anatar lain; mencerminkan wujud cinta tanah air, wujud menghargai pahlawan,  menumbuhkan potensi kepemimpinan, membangun rasa percaya diri, dan membiasakan hidup tertib dan disiplin.

 

Lebih lanjut Tri Atmojo berharap melalui upacara bendera akan mempertebal semangat kebangsaan, cinta tanah air, patriotism, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, idealism serta membangkitkan peran siswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

“Selain terdapat banyak nilai dalam kegiatan upacara bendera, upacara bendera di pagi hari juga menyehatkan badan. Berdiri dan terkena sinar matahari pagi memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan seperti menghasilkan vitamin D, membentuk dan memperbaiki tulang, meredam kolesterol darah dan meningkatkan kebugaran pernafasan dan sebagainya,” demikian sambutan penutub Tri Atmojo.