MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO STUDI TOUR KE MALANG

Studi tour merupakan metode belajar yang menyenangkan  dengan mengajak siswa kesuatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah. Demikian yang dilakukan oleh SMA Kosgoro Kota Bogor pada tanggal 30 Januari sampai dengan 3  Februari 2017 sebanyak 308 siswa dan dua belas guru pendamping menikuti studi tour ke Malang. Dalam kegiatan tersebut siswa diajak mengunjungi  Kampung Inggris di Kediri, Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan wisata ke museum Angkut dan Taman Rekreasi Selecta.

 

 

 Menurut ketua panitia yang juga wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Sugito Suep, S.Pd tujuan kegiatan ini secara sederna adalah belajar  sambil rekreasi. Ada empat kegiatan yang dikunjungi dalan studi tour kali ini yaitu Kampung Inggris yang terletak di Kematan Pare, Kabupaten Kediri. Dikampung yang terkenal orang berbahasa inggris dimana-mana karena lebih dari 300 lembaga kursus dan ini siswa SMA Kosgoro belajar Bahasa Inggris seharian. Kegiatan kedua ke UM dan UMM, disini para siswa akan diperkenalkan tentang dunia Perguruan tinggi negeri dan swasta termasuk jalur penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan ketiga di Museum Angkut, yang merupakan tempat wisata baru yang memiliki kosep unik. Museum pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema tranportasi di Indonesia dan dunia. Museum yang dibuka tanggal 9 Maret 2014 ini menjadi obyek wisata yang sangat menarik karena para siswa mendapat informasi sejarah perkembangan transpotasi sekaligus berfotoria. Dan kegiatan terakhir  rekreasi di Selecta. Letak selecta di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu , Jawa Timur. Ditempat ini tersedia taman rekreasi seperti kolam renang, taman bunga, water park, flying fox, aquarium raksasa dan masih banyak lagi.

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo yang ikut mendampingi kunjungan di kampus Universitas Negeri Malang (UM)  menjelaskan bahwa kunjungan kunjungan keperguruan tinggi merupakan agenda tahunan untuk kelas 11 bertujuan untuk menerima penjelaskan secara langsung dari Perguruan Tinggi  tentang sistem penerimaan mahasiswa baru, fakultas dan program studi, prestasi, serta melihat secara fisik untuk   mengenalkan atmosfer akademis kampus sehingga memperkuat siswa untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. “Data lulusan SMA Kosgoro tahun 2015/2016 dari 315  lulusan menunjukkan yang masuk ke Perguruan Tinggi Negrei 98 siswa (32%), Perguruan Tinggi Swasta 184  siswa (58 %) dan bekerja  dan lain-lain 33 siswa (10%). Sekolah berharap lebih banyak lagi yang masuk ke perguruan tinggi yang berkualitas termasuk ke UM ini”, demikian ungkap Tri Atmojo.

 

Di Universitas Negeri Malang (UM) SMA Kosgoro disambut oleh Kabag Humas Endarti Susanti. Menurut  Endarti  UM merupakan penjelmaan dari perguruan tinggi pendidikan guru (PTPG) tahun 1954, dan tahun 1963 menjadi IKIP Malang baru pada tahun 1999 menjadi Universitas Negeri Malang (UM).

 

Jumlah pendaftar UM tahun 2016 sebanyak 123.401 orang , sedangkan yang diterima sebanyak 8.207 orang, dengan demikian tingkat keketatan mencapai 6,65% atau setia seartus pendaftar yang diterima rata-rata enam orang. UM sebagai PTN terbaik no 4 di Jawa Timur dan rangking 21 tingkat nasional pada tahun 2017 ini akan mengembangkan sayapnya dengan mengalokasikan sepuluh persen dari mahasiswa luar Jawa.  Ada empat jalur masuk UM yaitu (1) seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN); (2) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN); (3) seleksi mandiri; dan (4) seleksi kerjasama dengan lembaga/instansi pemerintas/swasta.

 

Para siswa merasa puas mengikuti kegiatan studi tour ini, seperti disampakan oleh ketua OSIS Deralitha Meilinia Shavitri yang sekarang duduk di kelas 11-IPA, “saya merasa senang dan puas mengikuti studi tour di SMA yang sekali dalam hidup ini,  enak di jalan bercandaria dengan teman-teman dan sampai di Malang banyak pengalaman  seperti belajar di kampong Inggris, mengenal perguruan tinggi, ke museum angkut dan ke selecta.  Pokoknya seneng banget, ini pengalaman yang tidak terulang sepanjang masa dengan teman-teman SMA,” demikian  tuturnya.