MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

UNBK SMA KOSGORO LANCAR

Sebanyak 350 siswa SMA Kosgoro yang terdiri program IPA 217 siswa dan program IPS 133 siswa mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tanggal 10 – 13 April 2017. 

 

 

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum menjelaskan, karena banyaknya peserta UNBK SMA Kosgoro maka pelaksanaannya dibagai dalam tiga sesi.  Sesi-1 pukul 07.30 – 09.30, sesi-2 pukul 10.30 – 12.30 dan sesi-3 pukul 14.00 – 16.00. Ada empat mata pelajaran yang di UNBK-kan yaitu bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan.  Pengawasan UNBK dilaksanakan  oleh pengawas dari luar SMA kosgoro, sehingga yang diperbolehkan di ruang ujian adalah proktor, teknisi dan pengawas.

 

Selama empat hari ini, tgl 20 – 23 Maret 2017  seluruh SMA di Indonesia melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Di Kota Bogor sebanyak 50 sekolah mengikuti USBN dengan jumlah peserta sebanyak 6.304 siswa yang terdiri program IPA 3968 siswa dan program IPS 2336 siswa. Dari jumlah tersebut SMA Kosgoro merupakan sekolah dengan jumlah peserta ujian paling banyak yaitu 350 siswa, yang terdiri program IPA 217 siswa dan program IPS 133 siswa.

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menjelaskan bahwa ada enam mata pelajaran yang diujikan dalam USBN ini. Mata pelajaran yang diujikan untuk program IPA terdiri dari Pendidikan agama, biologi, sejarah, Pkn, Kimia dan Fisika. Sedangkan untuk program IPS, Pendidikan agama, geografi, sejarah, PKn, sosiologi dan ekonomi. Soal USBN dalam bentuk pilihan ganda dan uraian  merupakan  perpaduan soal dari Pusat atau Kementrian Pendidikan dan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan porsi 25% dan 75%. Pihak  sekolah menerima master soal dari Dinas Propinsi Jawa Barat untuk digandakan. Untuk menjaga kerahasiaannya setiap sekolah diminta Pakta Integritas yang isinya antara lain akan melaksankan USBN secara jujur dan sesuai dengan POS  USBN.

 

Pelaksanaan USBN di SMA Kosgoro seperti halnya pelaksanaan ujian  sekolah  yaitu,  setiap ruang ditempati paling banyak 20 peserta, satu bangku untuk satu orang peserta, jarak antara meja yang satu dengan yang lain disusun dengan menggunkan jarak antara peserta yang satu dengan peserta lainnya minimal 1 (satu) meter dengan dua  pengawas setiap ruanggnya.

 

Meskipun  ujian nasional (UN) tidak lagi menentukan kelulusan, tetapi sekolah mewajibkan seluruh siswa untuk mengikuti  UN, seperti yang dijelaskan Tri Atmojo, “ ada empat kriteria kelulusan di SMA Kosgoro, yaitu siswa harus menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap minimal baik untuk seluruh mata pelajaran, lulus US dan USBN dengan kriteria rata-rata nilai semua mata pelajaran paling rendah 70  dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah, dan mengikuti UN.  Semoga para siswa mengerjakan dengan jujur dan tetap beprestasi,” demikian penjelasannya.