MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

PERINGATAN HARDIKNAS DI SMA KOSGORO

Tema:”Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”

SMA Kosgoro Kota Bogor kembali memperingati hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2017 di sekolah. Upacara diikuti oleh siswa, guru dan karyawan  SMA dan SMK Kosgoro dengan Pembina upacara Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro(YDSK), DR.Drh. H. Widiyanto Dwisuryo, M.Sc.

 

 Dalam upacara itu Ketua YDSK juga memberikan piagam penghargaan kepada 23 guru dan karyawan yang telah mengapdi lebih dari 15 tahun.

 Ketua YDSK selain membacakan amanat menteri pendidikan juga memberikan penguatan, berikut sambutannya.

 Bapak ibu guru dan karyawan SMA-SMK Kosgoro yang saya hormati

Anak-anakku yang Bapak banggakan.

 

Sudah menjadi keyakinan semua negara bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor esensial atau penting yang sangat berpengaruh bagi perkembangan bangsa. Adalah sebuah kenyataan yang menunjukkan bahwa kemajuan suatu negara tergantung kemajuan pendidikan warganya, kemajuan pola pikir, mental dan kreativitasnya. Semua tidak lepas dari sistem pendidikan yang diterapkan.

 Anak-anakku yang saya banggakan.

 Dalam kesempatan yang baik ini, ada tiga hal yang kalian perlu kalian cermati:

 Pertama, bangun kembali semangat belajar dan kesempatan berkependidikan. Sadarilah betapa berharga perjuangan pahlawan dan perintis pendidikan itu hanya untuk membuat kita bisa sekolah seperti sekarang. Jangan sia-siakan hari-hari kalian, terus mengikuti kegiatan kelajar. Karena satu hari saja bagi kalian adalah sangat berharga dengan ilmu yang didapat. Prestasi hanya mampu diraih dengan semangat belajar, sedangkan Kesuksesan selalu berpihak kepada mereka yang tekun dan sabar dalam menuntut ilmu.

 

   Kedua, berakhlaqulkarimah dalam bersikap dan bertindak.

Karena perilaku yang baik juga melahirkan bahasa yang baik pula. Berbuatlah yang terbaik, bila saat ini kalian kurang menunjukkan akhlaqulkarimah terhadap guru. Walau bagaimana pun jasa guru akan melekat selamanya dalam kisah hidup kalian. Berbakti lah kepada orang tua karena hal ini dapat membuat mereka merasa bangga dan bahagia memiliki generasi yang bermartabat seperti kalian dan hidup kalian menjadi berkah. Tidak ada ceritanya seorang anak yang durhaka kepada orang tua dan guru yang akan memetik dan mengalami hidup bahagia, kecuali kesengsaraan.

 

Ketiga, Galang persatuan dan persahabatan yang baik dan positif dalam satu lingkungan sekolah dan terhadap sekolah lain, melalui ajang prestasi apresiasi seni dan ilmu pengetahuan agar keharmonisan tercipta dan melahirkan generasi yang mencintai perdamaian.

 

Kepada Bapak dan Ibu Guru, Semoga dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional ini Rasa  Nasionalisme terhadap Bangsa menjadi  semangat pengabdian terhadap  Negara tercinta ini, seiring dengan apresiasi atau perhatian pemerintah terhadap peran para guru di Indonesia yang begitu tinggi baik dalam pelayanan pendidikan maupun dalam pelayanan kesejahteraan. Untuk itu kiranya penting diperhatikan Bapak dan Ibu Guru:

 

Pertama, meningkatkan disiplin dan etos kerja yang tinggi untuk mengantar dan membimbing putra-putri bangsa, karena kami yakin Bapak dan Ibu Guru menjalani tugas mulia ini bukan terjebak menjadi guru namun hadir karena panggilan hati untuk mendidik putra-putri bangsa.

 

Kedua, profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan baik di lingkungan sekolah maupun dalam peningkatan kompetensi berkaitan dengan berkembang pesat meningkatnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam berbagai bidang. Hanya dengan sentuhan guru professional bermartabat, terlindungi dan sejahtera, putra-putri bangsa akan menerima proses pembelajaran yang mendidik dan mencerahkan masa depan bangsa.

 

Ketiga, membuka kesabaran untuk menerima peran dan tanggungjawab yang dibebankan, baik peran membesarkan almamater sekolah kita ini, karena kita memiliki tanggungjawab dan bekerja dalam satu system dan aturan.

 

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, dalam amanat singkat melengkapi sambutan peringatan Hari Pendidikan Nasional, dengan harapan bermanfaat dalam mengemban tugas dan tanggungjawab baik untuk siswa yang sedang belajar maupun guru sebagai pelaku utama dalam kegiatan mengemban tugas-tugas kependidikan.

 

Akhirnya Selamat Hari Pendidikan Nasional. Semoga dengan pendidikan mampu mewujudkan jiwa yang semangat dan berkarakter, cerdas, produktif, dan berakhlak mulia