MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

KETAHANAN SEKOLAH MENUJU SEKOLAH BERWAWASAN KEBANGSAAN

Komandan Koramil Rayon Militer (Danramil) Bogor Utara Kapten Sopan Sopian Rumalutur  memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan di SMA Kosgoro Kota Bogor pada hari Selasa, 10 Mei 2017.

 

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam sambutannya menjelaskan bahwa setiap sekolah perlu memiliki  “Ketahanan Sekolah,” yaitu suatu kondisi dinamik yang berisi kemampuan dan ketangguhan dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang timbul dari dalam dan dari luar, langsung atau tidak langsung mengganggu proses kegiatan belajar mengajar dalam rangka membangun bangsa yang maju dan berkarakter.

 

Lebih lanjut menurut  Tri Atmojo  cara-cara mewujudkan ketahanan sekolah itu seperti, mentaati tata tertib sekolah, hormat kepada guru,karyawan, memelihara keamanan, ketertiban, keindahan dan kekeluargaan serta bertingkah laku dan berbuat yang baik.

 

Dalam pemaparannya Danramil mengatakan, kemajuan dan teknologi saat ini membawa perubahan besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai informasi dan peristiwa di berbagai daerah maupun belahan dunia melalui media dapat diakses oleh masyarakat khususnya generasi muda, dalam hitungan detik.

 

Lajutnya, kondisi ini selain membawa implikasi yang positif juga membawa dampak negatif. “Seperti  geng motor, narkoba, judi, fandalisme pornografi, radikalisme dan sebagainya,” katanya.