MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

KETUA MUI BERI PEMBEKALAN MENGADAPI RAMADHAN DI SMA KOSGORO

Dalam menyambut  datangnya bulan suci  Ramadhan 1438 H, SMA Kosgoro mengadakan pengajian pembekalan kepada para siswa dan guru dengan mengundang Ketua MUI Kota Ibrahim K.H. Adam Ibrahim  untuk memberikan pembekalan. Kegiatan tersebut dilaksankan pada hari Jumat, 12 Mei 2017 di Aula Solidaritas SMA Kosgoro.

 

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam sambutan pembukaan  meminta kepada seluruh siswa dan guru untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan perasaan suka cita.  Bulan Ramadhan yang dikenal dengan bulan suci, bulan yang awalnya rahmat, petengahannya maghfirah dan akhirnya itqun minannar agar dimafaatkan dengan sebaik-baiknya. Amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah  di bulan suci ramadhan itu antara lain mendirikan shalat tarawih berjamaah, memperbanyak membaca al Quran,  beriktikaf, memperbanyak sedekah dan memperbanyak istighfar. “Dengan melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan Rasulullah semoga kita akan menjadi pribadi yang lebih bertaqwa,” demikian harapan Tri Atmojo.

 

  1. Adam Ibrahim dalam ceramahnya mengajak kepada jamaah untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita dan persiapan yang baik. Menurutnya ada empat persiapan yang diperlukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

 

  1. Persiapan Ruhiyah (keimanan). Persiapan keimanan berupa niat yang ikhlas, pengendalian diri sejak sekarang untuk tidak melakukan maksiat, seperti menjaga pandangan, berkata yang baik, membiasakan membaca al qur,an dan sebagainya. Dengan pembiasaan tersebut diharapkan ibadah shaum menjadi lancar dan sempurna.
  2. Persiapan Jasadiyah (Jasmaniah). Menjaga kesehatan diperlukan agar selama ramadhan dapat melaksanakan  ibadah sebulan penuh. Periapan fisik bisa dilakukan dengan cara berolah raga secara rutin, makan yang bergizi  serta membiasakan puasa sunah.
  3. Periapan Tsaqfiyah (Keilmuan). Ilmu yang berkaitan dengan ibadah di bulan ramadhan seperti tatacara ibadah yang benar, hal-hal yang membatalkan puasa, fadilah puasa dan sebagainya. Persiapan ilmu dapat dilakukan dengan membaca-buku yang berkaitan dengan ibadah bulan ramadhan, menghadiri majlis ta’lim, karena tanpa ilmu maka ibadah kita akan ditolah oleh Allah SWT.
  4. Persiapan Maaliyah (harta). Persiapan harta yang dimaksud disini adalah untuk keperluan infak, sedekah dan zakat di bulan ramadhan agar mendapat pahala yang berlipat-lipat.

 

“Semoga dengan persiapan yang baik ibadah kita dapat beribadah dengan sempurna dan  diterima oleh Allah SWT, semoga  kita menjadi  pribadi-pribadi yang lebih bertaqwa dan  dapat masuk surga Ar Rayyan, yaitu surga yang dikhususkan orang-orang yang berpuasa,” demikian harapannya sekaligus sebagai doa penutupnya.