MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SISWA MENGIKUTI MPLS DI KOSGORO

Sebanyak 711 siswa yang terdiri SMP 183 siswa, SMK 184 siswa dan SMA 344 siswa mengikuti pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di  Perguruan Kosgoro pada tanggal  15 Juli 2017, sedangkan pelaksanaan MPLS pada tanggal 17 – 19 Juli 2017. Hadir dalam kesempatan ini para guru, karyawan, pengurus yayasan dan para pengurus OSIS dan MPK.  

 

 

Ketua MPLS yang juga Waka Kesiswaan Sugito Suef melaporkan  dalam pelaksanaan MPLS sekolah berpedoman pada Permendikbud no. 18 tahun 2016 tentang Masa Pengenalan Lingkungan sekolah bagi siswa baru. MPLS  merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk mengenal program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep, pengenalan diri dan pembinaan awal kutur sekolah, wawasan kebangsaan dan bela Negara, hidup sehat tanpa narkoba.  Selain itu materi tambahan dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat adalah materi Gerakan Jabar Tolak Kekerasan, keluarga sadar hukum, Tertib Berlalu Lintas.  Selain itu sekolah juga akan mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa untuk sosialisasi program sekolah pada tanggal 22 Juli nanti.

 

Sebagai nara sumber selain dari sekolah dan yayasan, juga dari Koramil, Kepolisisan, Dinas Kesehatan, Kemenag, Kwartir Cabang Pramuka Kota Bogor.

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menjelaskan bahwa  Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) diadakan di SMA Kosgoro sebagai upaya untuk membantu peserta didik baru dalam mengenal lingkungan fisik, lingkungan sosial, cara belajar dan kurikulum yang akan ditempuh.

 

Dengan MPLS ini diharapkan siswa dapat mengenal potensi diri,  dapat beradaptasi dan berinterasi positif  dengan lingkungan barunya,  tumbuh motivasi dalam belajar, serta menumbuhkan perilaku positif seperti saling menghormati, berdisplin, hidup sehat dan semangat gotong-royong.