MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

 MEMANFAATAKAN SAMPAH

Upacara hari Senin 18 September 2017 di SMA Kosgoro diwarnai dengan  penyerahan prestasi  dalam kejuaraan Futsal Gamagudabo di GOR Pajajaran  berupa supporter terbaik, juara 1 dance dan juara 2 Modern Dance di SMA Kesatuan. Petugas upacara dari kelas 12 IPS 2 dengan Pembina upacara Drs. Senthot Rudi Handono yang juga penanggung jawab sekolah adiwiyata SMA Kosgoro.

 

 

Dalam amanatnya Senthot menguraikan tentang sampah organik  dan non organik. Sampah sebagai akhir proses atau barang buangan yang tidak diinginkan karena tidak punya nilai dan harga. Dimuka bumi ini penghasil sampah adalah manusia, hewan, pepohonan dan unit lainnya.

 

Sampah organik merupakan sisa buangan yang berasal dari makhluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuhan dan sifatnya yang mudak membusuk. Contohnya, bangkai hewan, sisa makanan, sisa sayuran, sisa buah buahan, kertas dll.

 Sedangkan sampah non organikadalah sampah yang bukan dari makhluk hidup. Contohnya yang ada di sekolah sepert  besi, aluminium, plastik, kaleng botol dll.

 Para siswa harus membuang sampah sesuai dengan bak sampah yang telah disediakan, juga dari masing-masing kelas untuk sampah plastik agar dikumpulkan ke bank sampah sekolah untuk di jual ke bank sampah Kota Bogor.

 “Dalam menghadapi adiwiyata tingkat nasional maka para siswa harus bisa memanfaatkan  sampah terutama sampah organis untuk dibuat pupuk kompos dan lebih baik lagi untuk biogas,” demikian harapannya.