MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

PEMBELAJARAN DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN KETUA OSIS DI SMA KOSGORO

Seperti layaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau lainnya, SMA Kosgoro Kota Bogor menyelenggarakan pesta demokrasi. Kegiatan  tersebut merupakan pemilihan ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS) periode 2017/2018 yang berlangsung pada hari Jum’at , 6 Oktober 2017. Tiga  kadidat  ketua OSIS yang telah lolos tes seleksi  dan telah menyampaikan visi misinya itu adalah  Ajeung Sukmawati kelas XI-MIPA 4, Regis Reni Lestari kelas XI-IPS 1, dan M. Yudistira Basari kelas XI-MIPA 5.

 

 

Para siswa SMA Kosgoro mengikuti pemilihan ketua OSIS yang berlangsung dengan tertib dan demokratis.  Turut memberikan  hak suaranya Kepala Sekolah, dean guru dan para siswa.

 

Pembina OSIS SMA Kosgoro H. Asep Turnawan M.Pd menjelaskan bahwa tiga calon  OSIS ini adalah putra-putri terbaik SMA kosgoro yang telah memenuhi syarat sebagai ketua OSIS. Rangkaian kegiatan ini dimulai dari pembentukan KPU untuk pemilihan ketua OSIS, pencalonan  siswa yang menjadi ketua OSIS, seleksi para calon, penyampain visi misi, pemilihan dan setelah perhitungan suara ketua dengan pengurusnya dilantik.  Sedangkan latihan dasar kepemimpinan akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 Oktober yang diikuti oleh seluruh pengurus.

 

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam sambutan  pembukaan pemilihan mengatakan bahwa OSIS dibentuk dengan tujuan untuk menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat  para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negative.

Kegiatan ini sebagai wahana untuk menanamkan  sikap  demokratis pada siswa dalam pemilihan ketua OSIS yang azasnya langsung, umum bebas dan rahasila (luber).  Tri Atmojo menambahkan sikap demokratis  harus  ditanamkan sejak dini ini diharapkan memberikan pengaruh pada masa datang disaat yang bersangkutan telah memiliki hak-hak politiknya yang penuh sebagai warga masyarakat dan warga negara. “Sikap berani menerima kekalahan dan tetap mendukung ketua terpilih adalah sikap-sikap terpuji yang ditanamkan dalam pemilihan ketua  OSIS ini disamping siswa belajar  tata cara  pemilihan, “ tegasnya.

 

Dalam penghitungan suara pukul 15.00 dengan hasil Ajeung Sukmawati 190 suara , Regis Reni Lestari  181 suara, dan M. Yudistira Basari  407 suara dan golput 75 suara.