MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO MELAKUKAN PENELITIAN TERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengisyaratkan tentang perlunya proses pembelajaran yang dipandu dengan kaidah-kaidah pendekatan saintifik/ilmiah. Upaya penerapan Pendekatan saintifik/ilmiah dalam proses pembelajaran ini sering disebut-sebut sebagai ciri khas dan menjadi kekuatan tersendiri dari keberadaan Kurikulum 2013, yang tentunya menarik untuk dipelajari dan dielaborasi lebih lanjut.

 

Di SMA Kosgoro pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah lama diterapkan meskipun masih perlu penyempurnaan dalam pelaksanaannya sehingga hasilnya dapat optimal. Hal itu di lakukan dengan adanya penelitian sederhana kelas 12 pada tanggal 27-29 Agustus 2017. Untuk program IPA ke Bandung dengan daerah observasi Balitsa, Batan, Taman Naturan dan di PT Coca Cola, sedangkang program IPS di Kampung Badui.

Penelitiahan yang dilakukan dalam kelompok siswa, yang setiap kelompok terdiri antara 5-7 siswa. Setelah selesai para siswa mempresentasikan hasilnya dihadapan guru penguji lintas mata pelajaran pada tanggal 9-13 Oktober. Untuk program IPS diuji oleh guru Sosiologi, Geografi dan Bahasa Indonesia, sedangkan program IPS diuji oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia, kimia, biologi, dan fisika.

Dengan pembelajaran ini dinyakini bahwa melalui pendekatan saintifik/ilmiah, selain dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya, juga dapat mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta dari suatu fenomena atau kejadian.