MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO GELAR AKSI KEBERSIHAN

Kepedulian SMA Kosgoro terhadap kelestarian lingkungan yang indah bersih dan nyaman  ditunjukkan dengan menggelar aksi Jumat bersih  pada tanggal 26 Januari 2018. Kegiatan  yangdiikuti sekitar 100 siswa ini membersihkan  sepanjang jalan Raya Pajajaran mulai dari lampu merah halte Bantarjati 2 sampai depan SMK Pembangunan.

 

 

Penanggungjawab kegiatan Senthot Rudi Handono yang juga ketua Adiwiyata SMA Kosgoro menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program sekolah sebagai sekolah Adiwiyata. Prinsip dasar program Adiwiyata itu ada dua yaitu partisipatif dan berkelanjutan. Diantara partisipatif yang paling dominan adalah peserta didik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa kebersihan lingkungan adalah tanggungjawab bersama. “Dari seratus siswa yang terlibat dibagi menjadi beberapa kelompok yang sudah dipandu oleh OSIS  dan MPK termasuk dalam pelaksanaannya, harapan kami semoga anak-anak ini mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” demikian yang disampaikan Senthot.

 Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menambahkan bahwa kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor pendorong siswa lebih bersemangat dalam proses belajar. Agar tumbuh partisipasi maka siswa harus dilibatkan menjaga kebersihan sekolah dan lingkungannya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, selain itu siswa juga mau memungut sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Tri Atmojo berharap status SMA Kosgoro sebagai sekolah adiwiyata tingkat provinsi Jawa Barat harus ditingkatkat ketingkat Adiwiyata Nasional bahkan Adiwiyata Mandiri dan itu semua kuncinya adalah dipartisipasi seluruh warga sekolah terlibat mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai dengan bidang masing-masing.

 Kegiatan aksi kebersihan lingkungan ini disambut baik oleh para siswa seperti yang disampaikan Ketua OSIS Yudistira Basari yang mengkoordinir , “ kami sangat senang dapat mengikuti aksi bersih lingkungan di jalan Pajajaran, karena kami dan teman-teman telah ikut menjaga lingkungan semoga ini dapat dijadwalkan secara bergilir sehingga semua siswa dapat ambil bagian dalam menjaga kebersihan lingkungan.”

 Hal senada juga disampaikan Nurul  dan Fadil dari  MPK, “setelah ikut aksi ini semoga teman-teman merasakan bagaimana menjaga kebersihan itu sehingga tidak membuang sampah sembarangan,” demikian harapannya.

 Kegiatan yang direncanakan mulai pukul 08.00 ini  baru bisa dimulai pukul 09.30 karena cuaca pagi gerimis, dalam kegiatan ini para siswa didampingi oleh para guru dan dibantu OB. Kegiatan ini disambut baik oleh Dinas Pertamanan yang juga menurunkan anggotanya dan truk sampahnya.