MOTTO SEKOLAH

SMA KOSGORO TAMPILKAN GELAR SENI NUSANTARA

SMA Kosgoro menggelar pagelaran kesenian nusantara selama tiga hari, tanggal 3-5 Mei 2018 di Gedung Solidaritas SMA Kosgoro.  Sebanyak delapan belas kelas terdiri dari kelas X dan XI ambil bagian dalam kegiatan ini. Hasil penilaian dewan juri sebagai juara umum kelas XI adalah kelas XI IPS dan juara umum kelas X adalah kelas X IPA 4.

 

 Ketua OSIS Muhammad Yudistira Basari merasa puas dengan pagelaran seni nusantara  yang dikemas dalam Pentas Pagelaran Kelas.”  Kegiatan ini benar-benar menghibur dengan tampilnya tiap – tiap kelas dalam budaya nusantra yang berbeda-beda. Selain sebagai hiburan panitia menyiapkan dewan juri untuk menilai penampilan masing-masing kelas dalam unjuk kebolehan dalam teater nusantara, vocal group, perkusi, tari kolaborasi antara tari tradisional dan modern, iklan kreatif, stand up comedy dan juga penampilan MC. Yudistira mengucapkan terima kasih kepada sekolah yang telah memfasilitasi  kegiatan ini dengan baik.

 Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menyambut baik pagelaran kesenian dengan mengangkat tema “Budaya Nusantara,” ini merupakan cara kami mengenalkan budaya yang ada di Indonesia dengan cara bermain peran, dimana setiap kelas menampilkan seni daerah yang ada di Indonesia. Dengan cara ini ternyata para siswa sangan antusias sekali hal ini dibuktikan dengan latihan yang sangan intensif dan juga biaya yang tidak sedikit. Sekolah menyumbang dana kegiatan ini sekitar 14 juta rupiah, tentu ini tidak besar dibandingkan pengeluaran para siswa mulai dari property yang digunakan, pakaian, perias,dubbing suara bahkan, aka nada yang sewa pelatih untuk bisa tampil prima dalam pagelaran ini.  Pembelajaran seperti ini ternyata lebih mengena dan siswa merasa senang dapat tampil dalam pertunjukan dengan kosep yang berbeda-beda. “Selain menghibur kegiatan ini,  tugas kami adalah memberi penghargaan kepada para pemenang dan juga nilai dari mata pelajaran kesenian dan mata pelajaran bahasa sunda untuk ditungkan di raport nanti,” tegas Tri Atmojo.

Rasa gembira dirasakan oleh para siswa dan wali kelas, seperti yang diungkapkan Nisa Agustina walikelas X IPA 4, “ini surprise karena anak-anak juga tidak mengira akan menjadi juara umum untuk kelas X.  Saya mensuport anak-anak dalam latihan yang mengangkat budaya Papua, dihari libur bahkan sampai malam untuk bisa tampil maksimal, dan Alhamdulillah mereka merasa senang bahagia saat perjuangannya membuahkan hasil,saya bangga atas perjuangan mereka,”ungkap Nisa.

 Dewan juri yang terdiri Nurwati, Nada Saraswati, dan Santi Alfirawati sepakat bahwa kelas X IPA 4 dan XI IPS 2 layak menjadi juara umum pagelaran kelas yang mengangkat budaya nusantara ini dengan tampil yang sangat apik dan benar-benar mengedukasi.  “Namun sebenarnya semua siswa telah tampil dengan baik dan menghibur, selamat bagi para juara dan kembangkan terus rasa seni kalian karena dengan seni hidup akan lebih indah,” tegas Nurwati sebagai ketua dewan juri yang juga guru kesenian.

  

Catatan:

 Juara Umum Kelas X

  1. Juara Umum 1 Kelas X IPA 4
  2. Juara Umum 2 Kelas X IPA 3
  3. Juara Umum 3 Kelas X IPA 1

 Juara Umum Kelas XI

  1. Juara Umum 1 Kelas XI IPS 2
  2. Juara Umum 2 Kelas XI IPA 4
  3. Juara Umum 3 Kelas XI IPA 3