MOTTO SEKOLAH

Meraih Bintang Generasi Milenial, Memperkokoh Wawasan Kebangsaan

Rabu, 12 September 2018 SMA Kosgoro Bogor kedatangan tamu yang lain dari biasanya, seorang guru besar Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, M.S yang memberikan kuliah umum kepada siswa kelas XII.  Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro yang juga merupakan mantan Dosen IPB yaitu Dr. drh. H. Widiyanto Dwi Surya, dalam sambutannya ketua yayasan menceritakan pengalamannya bersama Prof. Yonny ketika masih menjadi mahasiswa tingkat persiapan bersama di Institut Pertanian Bogor.  Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kuliah umum “Meraih Bintang Generasi Milenial, Memperkokoh Wawasan Kebangsaan” oleh Prof Yonny.

  Materi yang disampaikan berkaitan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini.  Negara kaya dengan segala potensi yang dimiliki tapi cenderung rapuh karena kepentingan asing.  Beliau menyampaikan pentingnya membangun sumber daya manusia, khususnya para siswa yang akan menjadi penerus estafet pembangunan bangsa.  Perkembangan teknologi yang begitu cepat harus bisa dibarengi dengan kemampuan SDM yang mumpuni.  Revolusi Industri 4.0 tidak bisa dihindari, tetapi harus bisa diikuti perkembangannya agar bangsa kita tidak tertinggal dengan bangsa lain.  Beliau juga menekankan pentingnya memperkokoh wawasan kebangsaan, kekuatan membangun pertanian untuk kedaulatan pangan.

Selain menyampaikan kuliah umum, di bagian akhir pemaparan beliau menyampaikan informasi bagaimana mengikuti pola penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN 2019.  Informasi seputar jalur masuk kuliah menarik perhatian siswa yang ditandai dengan banyak pertanyaan yang disampaikan oleh para siswa.  Secara umum beliau mengingatkan kepada sekolah agar berhati-hati dalam mengelola nilai siswa, memperhatikan mekanisme penilaian sekolah, tidak memilih program studi yang tingkat kompetisinya tinggi.  Kegiatan kuliah umum akhirnya setelah berlangsung selama kurang lebih dua jam.