MOTTO SEKOLAH

KEGIATAN SEMINAR WAWASAN KEBANGSAAN

Rangkaian kegiatan menyambut hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan tahun 2018, SMA Kosgoro Bogor melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya Lomba Pekan Kebangsaan, Gerak Jalan Hari Pahlawan, Donor Darah dan Seminar Kebangsaan.

 

Seminar Kebangsaan yang dilaksanakan pada tanggal 6 November 2018 menghadirkan tiga narasumber yang merupakan tokoh Kota Bogor yaitu Walikota Bogor, Komandan Kodim 0606 Bogor, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor.  Seminar Kebangsaan ini mengangkat tema “Memperkuat Rasa Nasionalisme melalui Pembinaan Wawasan Kebangsaan”.  Dalam paparannya Walikota Bogor mengingatkan kepada generasi muda Bogor agar tidak terlena dengan perkembangan teknologi yang jika salah dalam memanfaatkannya akan menyebabkan generasi muda Bogor akan habis waktunya ketimbang memikirkan bagaimana kelak meneruskan estafet kepemimpinan.  Indonesia terlalu indah untuk diabaikan hanya dengan hobi bermain game online, terlalu sayang untuk dilewatkan hanya dengan aplikasi kekinian yang kurang bermanfaat.

Narasumber kedua adalah Letkol ARM Doddy Suhadiman, SE. M.M. (Dandim 0606) menyampaikan materi “Bela Negara sebagai Wadah Pembinaan Kebangsaan”.  Sedangkan narasumber ketiga yaitu H. Fahrudin, M.Pd. (Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor) memaparkan pentingnya “Membangun Pendidikan Karakter Generasi Muda”. Beliau juga menguatkan para peserta dengan yel-yel kebangsaan.

Sebagai pembuka kegiatan seminar panitia memberikan kesempatan kepada peserta yang menjadi juara pada lomba pekan kebangsaan seperti Paduan Suara Kebangsaan dengan lagu “Ampar-Ampar Pisang”, Musikalisasi Puisi “Lentera Kemerdekaan” dan Tari Tradisional.

Kegiatan seminar ditutup dengan tes online yang diikuti oleh seluruh peserta dengan menggunakan gadget masing-masing.  Dari hasil tes tersebut diperoleh 20 orang yang mendapat bingkisan berupa souvenir dari panitia Seminar Kebangsaan ini.