MOTTO SEKOLAH

Pelatihan Pengelolaan Sampah 8-9 Juli 2019 Di Kebunsu Bogor

Dalam rangkaian acara hari lingkungan hidup tanggal 5 Juni, Dinas Lingkungan hidup menyelenggarakan pelatihan tentang pengelolaan sampah yang bertempat di Kebunsu Bogor dengan peserta perwakilan dari Bank Sampah Unit dan TPS3R yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 8 -9 juli 2019.

SMA Kosgoro sebagai salah peserta dari perwakilan sekolah Bank Sampah Unit turut berpartisipasi dalam acara ini yang diwakili oleh Reni Herawati, SPd selaku Wakasek Sarana Prasarana.

                Hari pertama pelatihan diisi dengan materi pemaparan motivasi dengan inti materi indahnya memupuk tali silaturohmi yang disajikan pembicara Bapak Aqua Dwipayana, dilanjutkan pemaparan kebijakan pengelolaan persampahan, oleh bapak Adi Nugraha selaku kepala bidang persampahan.  Setelah rehat makan siang dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang bertujuan merumuskan serta membahas permasalahan yang ada di wilayah terkait pengelolaan sampah.  Dan pada malam harinya masing-masing kelompok memaparkan hasil diskusi dan dibahas bersama-sama sebagai bahan evaluasi dan masukan untuk sistem pengelolaan sampah Kota Bogor kedepannya.

Sedangkan hari kedua pelatihan ini dimulai dengan olah raga senam bersama kemudian dilanjutkan dengan sarapan dan praktik pengolahan sampah dengan metode composting bersama ibu Endang S. yang merupakan penggiat Bank Sampah wilayah Cibinong.  Pengolahan sampah organik skala rumah tanggga berhasil menarik perhatian para peserta pelatihan karena cara yang mudah dengan teknik sederhana.  Setelah praktek pembuatan kompos langsung dilanjutkan dengan Outbond Games dengan misi untuk menambah informasi dan kerjasama dan komunikasi dalam satu tim.  Dalam acara pelatihan  ini diharapkan para bank sampah unit maupun TPS3R semakin termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi dalam hal pengelolaan sampah.

 

 

Peserta pelatihan berfoto bersama dengan salam 3 jari “reduce, reuse dan recycle”

 

 

Diskusi dengan kelompok untuk merumuskan pengelolaan sampah yang bijak

Para peserta pelatihan berfoto bersama, Dinas Lingkungan Hidup

 

 Nara sumber Ibu Endang S sedang memaparkan pengolahan sampah rumah tangga dengan teknik “Komposting”

 

 Pemberian hadiah pemenang outbond komunikata

 

Acara outbond dengan memilah sampah menjadi 33 jenis sampah