MOTTO SEKOLAH

Kemah Blok Kepramukaan Ambalan Sri Baduga-Dewi Pohaci bagi Angkatan Kelas 10 dan 11 IPA dan IPS 2019/2020

SMA KOSGORO BOGOR mengadakan Kemah Blok Kepramukaan Ambalan Sri Baduga-Dewi Pohaci bagi Angkatan Kelas 10 dan 11 IPA dan IPS yang dilaksanakan pada Jumat-Sabtu, 30-31 Agustus 2019 di Bumi Perkemahan Cimandala, Sukaraja.

Jumlah peserta yang mengikuti kemah ini berjumlah 480 siswa, yang dihadiri oleh segenap unsur pimpinan SMA KOSGORO BOGOR, Walikelas 10 dan 11, Dewan Ambalan Sri Baduga-Dewi Pohaci, dengan bantuan OSIS MPK dan PMR SMA KOSGORO BOGOR. Kepala SMA KOSGORO BOGOR, sekaligus KaMabigus Ambalan Sri Baduga-Dewi Pohaci, Herman Lasrin, S.P., M. Pd., dalam amanat pada apel pembukaan, menegaskan bahwa kepramukaan berperan penting dalam pembentukan karakter psositif siswa sebagai penerus bangsa.

Ada tiga materi yang disampaikan dalam kegiatan ini. Materi pertama yaitu kepramukaan. yang disampaikan oleh bapak Drs. Abdullah, MM. selaku KaKwarran Bogor Utara. Materi kedua adalah Dasa Dharma yang disampaikan oleh  Kak Andika (pelatih Pramuka di SMA Kosgoro Bogor). Sedangkan materi ketiga yaitu gugus depan oleh yang disampaikan oleh Samsul Ramli, S.Pd. Materi yang disampaikan oleh para pemateri, selain menjelaskan mengenai kepramukaan, juga diharapkan dapat memotivasi para peserta, khususnya dalam mengamalkan Dasa Dharma dalam kehidupan. Sehingga, setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat menjadi pribadi yang lebih berperan positif bagi sekolah, keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia. Selain ketiga pemateri tersebut, datang juga Kakak-kakak dari Kwarcab Kota Bogor yang membagikan pengalaman dalam kepramukaan, yang dapat dijadikan motivasi bagi para peserta untuk lebih aktif dalam kepramukaan dan kegiatan positif lainnya.

Disamping itu, diadakan pula kegiatan Bintal (Bimbingan Mental) bagi peserta ekskul Paskibra Gelora dan PMR SMA KOSGORO BOGOR pada malam hari. Selain melaksanakan kegiatan shalat wajib, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kegiatan Api Unggun, Kegiatan Senam Pagi, dan Kegiatan Outbond yang bertujuan untuk membangun kekompakan dan keakraban antar peserta. Peserta juga diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama dengan dilaksanakannya Operasi Semut di areal sekitat perkemahan sebelum Apel Penutupan dilaksanakan.

 

 

Apel Pembukaan

 

Materi kedua (Dasa Dharma)

 

Materi ketiga (Gugus Depan)

  

Kegiatan Games

Apel Penutupan

 

Kegiatan Api Unggun