MOTTO SEKOLAH

NARASI KEGIATAN PEKAN KEBANGSAAN

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, dipandang sangat perlu untuk menyelenggarakan suatu gerakan dalam memperkokoh wawasan kebangsaan.

Mengingat semakin menurunnya minat dan kesadaran para generasi bangsa dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, maka kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri siswa sebagai generasi muda. Untuk itu, perlu diupayakan suatu gerakan yang dapat memperkokoh wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda. Salah satu gerakan yang dapat diwujudkan oleh generasi muda sebagai siswa yaitu dapat dilakukan di sekolah dengan mengikuti pekan kebangsaan. Bentuk kegiatan nyata ini diharapkan dapat membawa siswa selaku generasi muda untuk berkreativitas dan mengapresiasi dirinya sendiri sebagai wujud anak kebanggaan bangsa dan negara. Oleh karena itu, SMA Kosgoro Bogor menyelenggarakan Lomba Pekan Kebangsaan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Oktober – 1 November 2019.

Kata ‘Pekan Kebangsaan’ itu sendiri merupakan singkatan dari Pentas Kreativitas Anak Kebanggaan Bangsa dan Negara. Pekan kebangsaan ini mengangkat tema “Kreativitas Generasi Muda untuk Bangsa”. Adapun bentuk kegiatan dalam Pekan Kebangsaan ini yaitu: (1) Lomba Menghapal Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila, (2) Lomba Pidato Kebangsaan, (3) Lomba Paduan Suara Lagu Nasional dan Lagu Daerah, (4) Lomba Musikalisasi Puisi Perjuangan, dan (5) Lomba Cepat Tepat. Kegiatan Pekan Kebangsaan ini akan diikuti oleh ± 434 siswa/i SMA Kosgoro yang terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII. Berdasarkan hasil keputusan juri, untuk Lomba Menghapal Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila: Juara 1 Jasmine Arum Puspa (Kelas X MIPA 1), Juara 2 Nasya Arsita Setiawati (Kelas X MIPA 2), dan Juara 3 Zhauza Mudzalifah (Kelas XI MIPA 2). Untuk Lomba Pidato Kebangsaan: Juara 1 Diani Hermawan (Kelas XII MIPA 3), Juara 2 Bunayya Fathia Sabil (Kelas X IPS 1), dan Juara 3 Nur Lailatul Aula (Kelas X MIPA 4). Untuk Lomba Cepat Tepat juara 1 diraih oleh kelas XII IPS 2, juara 2 kelas XI IPS 1, dan juara 3 kelas X MIPA 3. Untuk Lomba Paduan Suara Lagu Nasional dan Lagu Daerah Juara 1 diraih oleh Kelas X MIPA 1, Juara 2 XI MIPA 3, dan Juara 3 Kelas XII MIPA 4. Untuk Lomba Musikalisasi Puisi: Juara 1 Kelas XII IPS 4, Juara 2 Kelas XII MIPA 3, dan Juara 3 Kelas X MIPA 2.  Juara umum untuk Lomba Pekan Kebangsaan diraih oleh kelas X MIPA 1.    

Kepanitiaan dari kegiatan Pekan Kebangsaan ini melibatkan Ekskul Jurnasilstik, Ekskul Paduan Suara, dan OSIS SMA Kosgoro. Panitia mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dari berbagai pihak sehingga kegiatan Pekan Kebangsaan ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan Pekan Kebangsaan ini dapat lebih baik lagi di tahun berikutnya.

 

 

 

Keterangan: Menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pembukaan Lomba

          Pekan Kebangsaan

 

Keterangan: Sambutan Kepala SMA Kosgoro Bogor, Bapak Herman Lasrin, S.P., M.Pd.

 

Keterangan: Laporan Ketua Panitia Lomba Pekan Kebangsaan, Ibu Lia Camelia, S.Pd.

 

Keterangan: Keterlibatan guru sebagai dewan juri Lomba Pekan Kebangsaan

 

Keterangan: Salah satu peserta Lomba Menghapal Pembukaan UUD 1945 dan Pancasila

 

Keterangan: Salah satu peserta Lomba Pidato Kebangsaan

 

Keterangan: Salah satu peserta Lomba Paduan Suara

 

Keterangan: Salah satu peserta Lomba Musikalisasi Puisi

 

Keterangan: Pemberian Piala dan Sertifikat

 

 Keterangan: Seluruh panitia Lomba Pekan Kebangsaan (guru dan siswa) dan kepala sekolah