MOTTO SEKOLAH

SISWA SMA KOSGORO DIAJAK MENCONTOH RASULULLAH SAW.

Untuk penguatan pendidikan karekter, SMA telah melakukan beberapa upaya diantaranya adalah dengan mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksankan pada hari Selasa, 26 November 2019.

Kegiatan ini dihadiri seluruh siswa, dewan guru dan karyawan dan pengurus Yayasan Dharma Setia Kosgoro. Acara maulid ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran oleh qorik nasional Ustad Madhotniah, laporan ketua Panitia Safa Kamila siswa kelas 11 IPS 2, sambutan kepala sekolah dan acara inti ceramah maulid nabi. Selain itu ada kegiatan pra acara berupa dzikiran, pembacaraan sholawat dan tampilan marawis.

 Pembina Rohis SMA Kosgoro Hj. Iis Mulyani menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja banyak melibatkan siswa untuk berlatih dalam kegiatan keagamaan. “Tujuan kegiatan ini sesuai dengan tema adalah dengan peringatan ini untuk lebih mengenal sosok Rasulullah SAW yang selanjutnya diharapkan menjadi ittiba’ atau mencontoh teladan dalam aklhak yang mulia,” tutur Iis.

 Kepala SMA Kosgoro Herman Lasrin, M.Pd dalam sambutannya mengajak kepada seluruh siswa untuk mencintai Rasulullah dan meneladaninya. Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para nabi dan rasul diutus untuk menyempurnakan akhlak umatnya. “Marilah kita kembali kepada tuntunan Rasulullah dalam berucap, bertidak. Mari kita wujudkan sekolah ini yang religius dimana seluruh siswa melaksanakan ajaran agamanya dengan baik,” harapan Herman Lasrin.

 Dalam acara inti yang diisi oleh KH. Muhammad Ridwan Rosyadi sangat menyedot perhatian para hadirin, pembawaannya yang kocak diselingi dengan homor-humor membawa siswa mengikuti kegiatan maulid dengan tetap bersemangat sampai akhir.  Menurut KH. Ridwan yang juga ketua Pondok Pesantren Ar Riyadhoh Bogor,  banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencitai Nabi Muhammad SAW diantaranya, pertama meneganal Nabi. Mengenal nabi adalah dengan banyak membaca sirah perjalanan hidupnya atau melaui peringatan maulid Nabi seperti saat ini. Kedua, bersalawat atas NAbi Muhammad SAW. Dengan bersalawat kita selalu mengingat Nabi dengan banyak menyebut mengenai Nabi akan melahirkan cinta pada Nabi. Ketiga, mengikuti sunnah dan cara hidupnya. Kita ikut cara hidup NAbi SAW dalam bentuk dirinya, cara hidup Nabi dalam keluarga, cara Nabi bermasyarakat dan bernegara. Keempat, membuat amalan yang disukai Nabi seperti menjaga dan memelihara anak yatim, shalat berjamaah di masjid, dan berbagai adab seperti adab makan, adab kekamar kecil adab menuntut ilmu yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.  Dibagian penutup KH. Ridwan mendoakan semoaga SMA Kosgoro menjadi sekolah terbaik di Kota Bogor dan siswa-siswa beraklhak mulia dengan mengikuti ajaran Rasulullah SAW.