MOTTO SEKOLAH

SMA KOSGORO SAMBANGI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Sebanyak 225 siswa kelas XI IPA IPS dan tujuh  guru pendamping melaksanakan studi tour ke Malang, Jogja dan Ambarawa pada tanggal 11 – 15 Desember 2019. Selain kunjungan ke Universitas Brawijaya, siswa  diajak ke obyek wisata Gunung Bromo, museum Angkut, petik apel, pulangnya mampir Jogja untuk wisata di sekitar Malioboro dan di tutup dengan kunjungan di museum Kereta Api di Ambarawa Jawa Tengah.

 

 Dalam kunjungannya di Universitas Brawijaya (UB) para siswa diterima oleh Dr. Eng Abu Bakar Sambah, S.Pi, MT Ketua Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSPK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Erlinda Indrayani, S.Pi, M.Si Sekretaris Jurusan PSPK. Dalam sambutannya wakil dari SMA Kosgoro Sugito Suef sebagai ketua panitia menyampaikan, bahwa maksud kunjungan ini adalah untuk meminta informasi langsung dari UB tentang jalur masuk di perguruan tinggi negeri khususnya di UB, juga untuk meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan keperguruan tinggi. “Dengan kunjungandi universitas faforit di Malang  ini kami harap siswa dapat termotivasi dengan melihat langsung iklim kuliah di perguruan tinggi, semoga mereka dapat mengikuti jejak kakak kelasnya yang banyak diterima disini,” harapan sugito.

 Mewakili UB, Abu Bakar Sambah  mengucakan selamat datang keluarga besar SMA Kosgoro di kampus UB. Perlu diketahui bahwa UB merupakan perguruan tinggi tua yang berdiri sejak 5 Januari 1963 dengan terakreditasi Institusi “A” memiliki  15 fakultas dan 130 program studi dari program diploma, S1,S2 dan S3. Menurut Abu Bakar Sambah UB memiliki visi dan misi untuk menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional agar peserta didik berkualitas, berkepribadian serta berkemampuan entrepreneur.  Untuk mewujudkan visi misi tersebut UB terus melakukan peningkatan SDM, kerjasama dengan dalam dan luar negeri serta penyediaan sarana dan prasana yang memenuhi mutu standar perpuguan tinggi.

 Sementara itu Erlinda Inrayani sekretaris jurusan PSPK yang mensosialisasikan tentang jalur masuk UB, daya tampung tiap program studi, dan prestasi yang telah dicapai. Menurut Erlinda  ada empat jalur masuk UB yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jalur Mandiri dan jalur Bidik Misi. Sebelum mendaftar SMNPTN 2020, para peserta harus mendaftar di  akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) yang pendaftarannya tanggal 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020. Sedangkan untuk pendaftaran akun SBMPTN dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dilaksankan tanggal 7 Februari sampai 5 April 2020. Perlu diingat bahwa pemeringkatan prestasi akademik (nilai rapor) yang dilakukan  oleh LTMPT berdasarkan akreditasi sekolah. Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya, Akreditasi B : 25% terbaik di sekolahnya sedangkan Akreditasi C dan lainnya 5% terbaik disekolahnya. Mata pelajaran yang termasuk pemeringkatan jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sedangkan jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi. Erlinda  berpesan agar dalam mengisi data sekolah secara jujur. “Sanksi bagi sekolah atau siswa yang terbukti melakukan kecurangan maka sekolah tersebut tidak diikutkan dalam SNMPTN tahun berikutnya dan siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN akan dibatalkan kelulusannya,” Erlinda mengingatkan.

 Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab dan pertukaran cendera mata.

   

Sugito Suef Waka Kesiswaan SMA Kosgoro menyerahkan cendera mata tugu kujang kepada Erlinda sekretaris jurusan Erlinda PSPK.

 

 

Di Audotorium Fakultas Prikanan dan Ilmu Kelautan para siswa berfoto bersama dengan para guru pendamping dan Ketus dan Sekretaris Jurusan  PSPK Universitas Brawijaya.