MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO SANLAT DI MASJID RAYA

Guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekaligus melakukan pembinaan keagamaan di kalangan siswa, SMA Kosgoro mengadakan kegiatan pesantren kilat (Sanlat) Ramadhan dekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kota Bogor pada tanggal 14 – 19 Juli 2014. Kegiatan sanlat di laksanakna di Masjid Raya ini dikuti oleh 915 siswa dari kelas X, XI, XII yang masing-masing kelas melaksanakan selama dua hari.

Pembina Rohis SMA Kosgoro Iis Mulyani, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan sanlat SMA Kosgoro bekerja sama dengan DPD BKPRMI Kota Bogor sudah berjalan enam tahun. Kegiatan ini sengaja melibatkan BKPRMI karena keterbatasan tenaga pengisi materi dari SMA Kosgoro sehubungan pada waktu bersamaan saat ini di sekolah sedang berlangsung masa orientasi peserta didik baru (MOPDB). Materi sanlat ditekankan pada tauhid, fikih, tadarus Al Qur,an, tarirh, akhlak dan shalat jenazah. “Dipilihnya Masjid Raya karena tempatnya lebih luas dengan fasilitas yang memadai disamping untuk membiasakan siswa ke Masjid”, tutur Iis.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam sambutan pembukaan sanlat mengingatkan kepada seluruh siswa agar memanfaatkan pelaksanaan sanlat kali ini sebagai momentum perbaikan diri. Bulan Ramadhan yang di dalamnya terdapat wahana pelatihan, penggemblengan dan pelajaran berharga bagi mereka yang ingin menjadikan manusia unggul yang hidupnya lebih bermartabat di mata Allah SWT dan makhluk-Nya.

Tri Atmojo mencontohkan puasanya kupu-kupu. Untuk menjadi kupu-kupu, ulat terlebih dahulu menjadi kepompong. Itulah sebuah metamorfosis, yang dalam bahasa manusianya sedang puasa, menjauhkan diri dari makan dan minum, menutup dirinya dari hiruk pikuk kehidupan dunia. Ia begitu mirip dengan cara kita beriktikaf, yaitu merenung diri dan melakukan pertobatan, sehingga keluar menjadi kupu-kupu yang indah, disayang semua orang dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Itulah barangkali gambaran puasa Ramadhan yang diharapkan oleh Allah SWT terhadap orang-orang beriman. Kita, umat manusia yang banyak berbuat salah dan dosa, hendaknya biasa belajar dari ulat dan mengubah diri menjadi manusia yang bertaqwa dan disayang Alllah SWT.

“Demikian gambaran orang mukmin yang berpuasa, senantiasa menyebarkan kelembutan dan keindahan dan juga tidak pernah ada yang patah sekecil apa pun dahan yang dihinggapinya, dengan demikian orang yang berhasil puasanya mampu memberikan manfaat terhadap dirinya dan lingkungan tidak akan menjadi beban masyarakat. Semoga anak-anak SMA Kosgoro dapat mengambil pelajaran yang berharga ini.” pungkas Tri Atmojo.