MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

WARGA KOSGORO DIAJAK MENJAGA SPIRIT RAMADHAN

SMA Kosgoro mulai masuk setelah libur Idul Fitri 1435 H lebih awal dari kalender yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Bogor. Pada hari Selasa 5 Agustus 2014 SMA Kosgoro sudah masuk. Pada hari pertama masuk diisi dengan halal bihalal guru, karyawan dan siswa yang diselenggarakan di SMA Kosgoro, yang dilanjutkan dengan silaturohmi guru dan karyawan di rumah Kepala Sekolah H. Tri Atmojo Perumahan Bumi Ciluar Indah. Sedangkan untuk Halal Bihalal Keluarga Besar SMA-SMK-SMP dan Yayasan Dharma Setia Kosgoro diselenggarakan di rumah Abdullah kepala SMP Kosgoro di perumahan Ambar Residen, Cimahpar.

Kepala SMA Kosgoro H. Tri Atmojo dalam sambutannya meminta kepaa guru, karyawan dan siswa untuk menjaga spirit Ramadhan. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan, paling tidak ada empat spirit Ramadhan. Pertama, spririt beribadah. Kegiatan ibadah wajib dan sunah seperti shalat, puasa, zakat, infak, itikaf, tadarus Al-Quran dan sebagainya dilaksanakan pada bulan Ramadhan dengan ringan. H. Tri Atmojo meminta agar tidak berhenti di sini tetapi harus dilanjutkan dalam pada bulan-bulan lain selain Ramadhan.

Kedua, Spirit berdisiplisin. Selama Ramadhan kita terbiasa berdisiplin dengan tidak melanggar hal-hal yang membatalkan puasa. Nilai-nilai positif ini harus mampu diterapkan dalam kehidupan nyata selama setahun kedepan, seperti disiplin dalam menaati tata tertib baik di sekolah, di jalan maupun di dalam keluarga. Bagi siswa SMA Kosgoro disiplin itu dapat dalam bentuk berpakaian, datang dan pulang tepat waktu maupun dalam mengerjakan tugas-tugas lainnya.

Ketiga, spirit berbagi . Berbagi dalam bentuk zakat infak dan sedekah hendaknya dapat dihidupkan sepanjang tahun. Zakat dan infak ini sebagai rasa syukur atas berbagai nikmat yang telah diterima.

Keempat, spirit bersilaturahmi. Selama bulan Ramadhan banyak momen silaturahmi, seperti tarawih, tadarusan, buka puasa bersama baik kalangan keluarga maupun organisasi. Tawuran pelajar yang terjadi selama bulan Ramadhan maupun di luar bulan Ramadhan akan mencederai dari spirit silaturomi itu sendiri. Untuk itu anak-anak Kosgoro harus dapat menjadi contoh dalam menjalin silaturohmi itu. Itulan spirit Ramadhan yang harus kita aplikasikan sepanjang tahun.

Dalam kesempatan Halal Bihalal Keluarga Besar SMA-SMK-SMP dan Yayasan Dharma Setia Kosgoro pada hari Rabu 6 Agustus di rumah Kepala SMP Kosgoro Abdullah, H. Iwan Ruswandi selaku ketua yayasan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan halal bihalal merupakan tradisi di Indonesia yang tidak ada di negeri Mekah dan Madinah sangat baik untuk dilestarikan. Penyelenggaraan halal bihalal keluarga besar Kosgoro yang diselenggarakan secara berkeliling dari rumah ketua yayasan ke rumah para kepala sekolah, dan tahun ini jatuh di rumah kepala SMP Kosgoro sdr. Abdullah di perumahan Ambar Residen, Cimahpar ini.

Lebih lanjut H. Iwan Ruswandi mengatakan bahwa halal bihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan sesudah hari lebaran. Tradisi ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang sangat baik untuk dilestarikan sebagai refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling berbagi kasih sayang pasca lebaran. Halal bihalal merupakan peristiwa penting untuk saling memaafkan, baik secara individu maupun secara kelembagaan. “Saya berharap dengan adanya kegiatan halal bihalal ini hubungan silaturohmi semakin kuat dan motivasi kerja semakin baik sehingga kinerja guru dan karyawan meningkat,” demikian pungkasnya H. Iwan Ruswandi dalam sambutannya.