MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

PELAJARAN BULAN SYAWAL

Banyak peristiwa di bulan Syawal yang dapat diambil hikmahnya. Salah satunya dalam semangat menjalankan perintah Allah SWT.

Syawal merupakan bulan peningkatan, yang tadinya malas-malasan ibadahnya menjadi lebih rajin, yang tadinya tidak shalat tahajud menjadi terbiasa dan rajin.   Latihan ibadah yang dilakukan selama satu bulan  Ramadhan sebelumnya harus dapat diimplementasikan di bulan Syawal ini.

Peristiwa yang terkenal di bulan Syawal adalah terjadinya perang Hunain dan perang Uhud. Saat perang Uhud, kekuatan umat Islam semakin bertambah. Namun, pasukan kaum Muslimin bisa dikalahkan karena tergoda rayuan rampasan perang.

Berbeda ketika terjadinya perang Badar. Kaum Muslimin masih sedikit namun bisa mengalahkan kaum Quraisy yang jumlahnya berlipat. Pelajaran yang dapat diambil ketika umat Islam kalah dalam perang Uhud adalah banyaknya jumlah tak boleh menjadikan umat Islam sombong.

Kemenangan perang bukan karena banyaknya pasukan, tetapi karena kedekatan umuat pada Allah SWT. Seperti perang Badar dimana Allah menurunkan bantuan untuk memenangkan kaum Muslimin.

Dikaitkan kondisi saat ini, dimana umat Islam tidak bisa bersatu mengalahkan Israel yang terus menjajah kaum Muslimin Palestina. Umat Muslinin di dunia saat ini mencapai 1,6 milar tapi tidak bisa mengalahkan bangsa Israel yang hanya 7 juta jiwa.

Ini karena umat Islam bangsa dengan jumlahnya tapi belum dekat dengan Rabbnya. Sehingga, untuk membela umat Palestina masih pecah belah.