MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

ANNISA IMANDA JUARA PUTRI NUSANTARA

Peringatan Hari Kartini selalu diisi dengan berbagai kegiatan yang berlangsung setiap tahun, seperti yang dilakukan di SMA Kosgoro. Menurut ketua pelaksanan R.M. Sigit ada emapat kegiatan yang digelar di SMA Kosgoro mulai tanggal 22-24 April 2013, kegiatan tersebut adapal upacara bendera, lomba baca puisi, lomba majalah dinding (Mading) dan lomba Putri Nusantara.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo dalam sambutan pembukaan lomba putri Indonesia mengemukakan :”R.A.Kartini adalah Pahlawan Nasional yang memiliki peran besar dalam emansipasi kaumnya dan memiliki semangat yang tetap relevan dalam terbentuknya perempuan Indonesia yang unggul dalam rangka percepatan kebangkitan Indonesia.” Tri Atmojo juga meminta para siswa untuk khususnya perempuan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi, sehingga nanti benar-benar dapat sejajar dengan kaum pria.

Dalam lomba Putri Nusantra di SMA Kosgoro dilakukan di aula sekolah cukup mendapat simpati dari para siswa. Para peserta loma dari perwakilan kelas 10 dan 11 harus melewati beberapa tahap untuk dapat menjadi pemenang. Tahapan tersebut mulai dari perfomance/penampilan, memiliki pengetahuan dan berwawasan luas khususnya tentang R.A. Kartini dan wanita masa kini serta memiliki keahlian khusus, seperti bidang musik dan tari.

Ketua patinita R.M. Sisgit menuturkan kriteria pemilihan putri nusantara ini adala 3 B yaitu Brain (kecerdasan, Beauty (penampilan menarik), dan Behavior (Berperilaku baik.

Dari hasil penilaian dewan juri yang dilakukan oleh para guru yaitu Herman Lasrin, Iis Mulyani dan Reni Herawati mengukuhkan sebagai juara I adalah Annisa Imanda dari kelas 11-IPS.1, Juara II Prilli Anjani kelas 10-2 dan juara III dipegang oleh Fani kelas 10-3 dan Della kelas 11-IPS.2.

Annisa Imanda yang mengenakan busana Sunda warna krem dan menyuguhkan tarian tradisional jaipong mampu menjawab pertanyaan dewan juri dan mengemukakan wawasannya tentang tanggungjawab wanita masa kini.