MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

CEGAH VANDALISME SISWA BUAT PAKTA INTEGRITAS

Untuk meminimalisasi tindak perilaku menyimpang pasca pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari ini, Kamis, 18 April 2013 siswa mendapatkan pengarahan dari wali kelas yang dilanjutkan dengan membuat pakta integritas. Surat pakta integritas itu berisi tentang pernyataan siswa untuk tetap berperilaku yang sopan dimanapun berada dan tidak akan melakukan tindakan vandalisme, tawuran pelajar atau perilaku menyimpang lainnya. Surat pernyataan siswa itu selain ditandatangani siswa dan wali juga ditandatangani wakasek kesiswaan dan diketahui oleh kepala sekolah.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menjelaskan bahwa pakta integritas ini merupakan pernyataan atau janji siswa kepada dirinya sendiri dan sekolah tentang komitmennya melaksanakan seluruh tata tertib yang berlaku dan tidak melakukan pelanggaran setelah selesai menjalani UN. Bagi siswa yang melanggar maka saknsi yang diberikan oleh sekolah yaitu tidak akan memberikan surat keterangan baik bahkan kalau pelanggaran berat, sanksi dapat berupa penundaan pemberian Ijazah dan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN).

Tri Atmojo mengingatkan, “ kepada seluruh siswa setelah UN selesai diharapkan untuk rajin ibadah dan berdo’a agar dapat lulus dan mengisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif selama sebulan menunggu pengumuman UN, yaitu pada tanggal 24 Mei 2013. Baju seragam yang masih layak pakai jangan di corat-coret tetapi lebih baik disumbangkan kepada siswa lain yang lebih membutuhkan.” pungkasnya.

Pakta integritas ini diharpakan dapat mencegah vandalisme dan perilaku menyimpang lannya, seperti yang diungkapkan Ryan Tomi Afrianto siswa kelas 12 IPA-3 yang juga mantan ketua OSIS Andry Yuardi dari kelas 12-IPS-1 setelah menandatangi surat pernyataan ini :”kami akan mentaati dengan sungguh-sungguh pakta integritas ini, semoga teman-teman yang lain demikian juga mengingat selama ini SMA Kosgoro dikenal baik”. Ujarnya.