MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

UN BAHASA INDONESIA SULIT

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama Senin, 15 April 2013 di SMA Kosgoro berjalan dengan lancar. Sebanyak 248 siswa yang terdiri dari 99 siswa program IPS dan 149 siswa dari program IPA yang terbagi dalam tiga belas ruang masuk semua tidak ada yang sakit. Demikian juga 26 pengawas ruang dari berbagai SMA dan pengawas Perguruan Tinggi Ade Heri Mulyati dari Universitas Pakuan Bogor berperan untuk mengambil naskah soal di SMA Negeri 1 dan mengembalikan lembar jawan ujian nasional (LJUN) di Dinas Pendidikan Kota Bogor semua berjalan dengan lancar, tidak ada halangan yang cukup berarti.

Dalam memisahkan LJUN dengan naskah soal yang memerlukan ekstra hati-hati semua terlampui semua dengan baik sehingga praktis paket naskah soal tiap ruang tidak terpakai.

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo menyampaikan puji syukur Alhamdulillah bahwa pelaksanaan UN hari pertama berjalan dengan lancar. Tri Atmojo mengharapkan semoga kelancaran ini juga terjadi sampai akhir UN nanti.

Kelancaran pelaksanaan UN ternyata tidak demikian dengan kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal UN. Hari pertama materi UN Bahasa Indonesia hampir semua siswa merasa sulit. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Sari Sukma kelas 12 IPA dan Rika Fitriyyah kelas 12 IPS merasakan soal-soal Bahasa Indonesia sulit banget. “ Lebih membutuhkan konsentrasi yang ekstra, karena banyak soal-soal yang jawabannya menjebak”, tutur Ripsky Rayshanda 12 IPA.1.

Tri Atmojo membenarkan pernyataan para siswa itu, “BSNP memang meningkatkan tingkat kesulitan soal dari 10 persen menjadi 20 pesen, pengecoh kunci jawaban sangat baik sehingga siswa harus hati-hati dan teliti memahami soal, semoga saja para siswa dapat mengatasinya dan targetnya adalah lulus seratus persen”ujarnya.