MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

UN 2013 LJUN MUDAH ROBEK, SISWA DIMINTA BERHATI-HATI

Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo meminta siswa lebih berhati-hati saat merobek lembar jawab ujian nasional (LJUN) 2013. Pasalnya LUJN tersebut akan dipasang melekat dengan naskah soal.

SMA Kosgoro telah melakukan try out UN dengan sistem Barcode pada tanggal 2 April 2013 bersama dengan SMA lain di Kota Bogor. Meskipun belum sama persis dengan pelaksanaan UN sebenarnya namun paling tidak ini memberikan gambaran pelaksanaan UN pada anak.

Perbedaan mencolok dalam teknis pelaksanaan UN 2013 adalah lembar jawab ujian nasional (LJUN) melekat pada naskah soal. Namun, pada lembar jawab yang melekat itu terdapat garis pembatas yang akan memudahkan siswa saat merobek LJUN. Siswa selanjutnya akan merobek sendiri LJUN tersebut.

“Memang jika tidak hati-hati LJUN itu mudah rusak. Mana kala soal dalam ruangan habis, bisa minta ke ruang sebelahnya. Jika di ruangan habis, mereka juga dapat meminta dari sekolah lain,” jelas Tri Atmojo.

Selain itu, naskah soal UN juga terdiri dari 20 jenis soal. Masing-masing soal akan diberi satu cadangan dengan rumus N+1. Jika soal cadangan habis, pengawas dapat meminta ke ruangan lain. Jika cadangan habis, sekolah juga dapat meminta ke sekolah lain yang terdekat. Kemungkinan lain, jika semua cadangan soal habis, siswa dapat mengerjakan di kertas folio.

Tri Atmojo menjelaskan pada lembar jawaban itu juga terdapat barcode. Setiap LJUN memiliki barcode yang berbeda. Barcode digunakan untuk untuk kode komputerisasi. Ia juga mengimbau kepada pengawas dalam menyobek LJUN secara hati-hati.Sebelum dikerjakan, naskah juga harus terlebih dahulu dicek supaya tidak salah. Pasalnya, jika salah sulit mencari ganti karena soal berbeda.