MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

BERDZIKIR

Ada kemajuan dalam pembinaan karakter yang bernafaskan religius di SMA Kosgoro pada Tahun Pelajaran 2012/2013, yaitu para siswa diajak untuk mendalami ajaran agama yang dianutnya dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi muslim diadakan shalat berjamaah, shalat dhuha, shalat Jum’ah, dzikir dan sebagainya bagi non-muslim juga ada kegiatan serupa yang dipandu oleh guru agamanya.

Sebagai landasan keilmuan dalam berdzikir berikut ini uraian tentang berdzikir yang sering disampaikan oleh Ustad H. Luthfi Hariri dan Ustajah Iis Mulyani dalam ceramahnya sebelum kegiatan dimulai.

Ada lima rukun Islam, yaitu: Shahadat, Shalat, Puasa, Zakat, dan Haji.

Ada waktu-waktu yang telah ditetapkan, batasan-batasan tertentu atau situasi khusus untuk mengerjakan tatacara beribadah yang berbeda-beda ini kepada Allah SWT. Allah SWT telah menetapkan jumlah waktu shalat wajib. Puasa wajib hanya dilakukan di bulan Ramadhan. Zakat dibayarkan setahun sekali. Haji dilakukan sekali seumur hidup bila seseorang memenuhi persyaratan untuk itu. Al Qur’an tidak menganjurkan kita untuk berlebih-lebihan dalam menjalankan bentuk-bentuk ibadah ini.

Tetapi untuk berdzikir yang sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT tidak ada persyaratan waktu, tempat, atau batasan-batasan tertentu untuk itu. Dzikir kepada Allah SWT bisa dilakukan sambil duduk, berdiri, atau berbaring. Bisa dilakukan dengan atau tanpa wudhu. Bisa dilakukan di rumah, atau ketika dalam perjalanan. Bisa dilakukan ketika sehat, ataupun ketika sakit. Bisa dilakukan diwaktu siang, atau malam. Tetapi dzikir kepada Allah SWT harus dilakukan sebanyak-banyaknya. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Al Azhab 41

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebuat nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.

Salah satu karakteristik orang beriman ialah bahwa tak henti-hentinya dia berdzikir yang sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT dengan teramat tekun. Al Azhab 35

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang mu'min, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam keta'atannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

Ada satu Hadits lain yang sama yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Seorang Muslim yang miskin datang kepada Nabi Muhammad SAW dan berkata, “Kami shalat dan saudara Muslim yang kayapun shalat. Kami berpuasa dan mereka juga berpuasa. Mereka melakukan Haji dan Umrah serta memberikan banyak sedekah, hal yang tidak bisa kami lakukan sebagai orang miskin. Oleh karena itu mereka selalu mengungguli kami di dalam beramal baik.” Hal ini merupakan kekhawatiran yang serius bagi umat Muslim yang miskin karena mereka ingin bersaing dengan saudara Muslim yang kaya di dalam beribadah kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Maukah kamu mengetahui sesuatu yang bisa membuat kamu sederajat dengan kaum Muslim yang kaya, dan tiada seorangpun yang bisa mengungguli kamu. Kamu bisa mencapainya dengan mengucapkan Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allahu Akbar 34 kali setiap selesai melakukan shalat”. (Bukhari)

Hanya dengan banyak berdzikir kepada Allah SWT hati bisa merasa puas dan menjadi lembut. Ar Rad 28

Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Bagaimanakah cara yang paling baik untuk banyak berdzikir kepada Allah SWT? Allah SWT menjelaskannya di dalam Al Qur’an, Al A’raf 205

Dan sebutlah Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.

Semoga Allah SWT menjaga agar lidah kita selalu basah karena banyak berdzikir kepadaNya (Amin).