MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO UJI KOMPETENSI TIK DAN TES TOEFL

Sebagai sekolah yang memprogramkan keunggulan dan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMA Kosgoro Kota Bogor mengadakan Tes Kompetensi Ketrampilan Komputer tanggal 1 – 5 April 2015 dan Test Toefl yang berlangsung tanggal 10 April 2013. Sebanyak 248 siswa mengikuti kegiatan ini yang merupakan kerjasama dengan Perguruan Tinggi. Uji Kompetesi Ketrampilan Komputer bekerja sama dengan Akademi Manajemen Ilnformatika Komputer (AMIK) Bogor, sedangkan Test Toefl bekerjasama dengan Universitas Shahid (USHAID) Jakarta.

Menurut Kepala SMA Kosgoro Tri Atmojo, pelajaran TIK di SMA Kosgoro dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (Competency-based curriculum) , sehingga penilaiaannnya juga berbasis kompetensi (competency-based assessment). Dalam pelajaran TIK ini siswa akan mengikuti ujian dua kali, yaitu di tingkat sekolah yang merupakan bagian dari ujian sekolah (US) yang soalnya dibuat oleh dan diujikan oleh guru bidang studi TIK dan selanjutnya uji kompetensi dialakukan oleh perguruan Tinggi yang berkompeten kali ini SMA Kosgoro bekerjasama dengan Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK) Bogor yang terletak di Jalan Sholeh Iskandar.

Dalam Uji kompetensi ketrampilan komputer materi yang diujikan meliputi Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point dan Corel Draw. Hasil uji kompetensi menjadi indikator pencapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang telah dimiliki oleh siswa atau calon tenaga kerja. Manfaat lainnya siswa juga akan menerima seritifikan ganda yaitu dari SMA Kosgoro dan AMIK Bogor.

Sedangkan untuk Test Of English as a Foreigin Language (TOEFL) yang diselenggarakan tanggal 10 April 2013 bekerja sama dengan USHAHID ini merupakan kerjasama yang ketiga kalinya. Test Toefl merupakan standarisasi kemampuan berbahasa Inggris seseorang secara tulisan (de jure) meliputi listening, writing, reading dan speaking yang diakui oleh dunia. Para peserta yang mencapai nilai 300 ke atas nanti akan mendapatkan setifikat dari English Language Institute-George Mason University Virginia (ELI-GMU USA) di Jakarta.