Berita

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Berbicara mengenai sampah, sepertinya menjadi cerita yang tak berujung, karena hampir setiap hari kita selalu berhubungan dengan sampah. Sejenak merefleksi hari peduli sampah nasional agar bisa menjadi pemantik generasi muda penerus bangsa untuk aware dengan kondisi bangsa yang tak pernah luput dari masalah sampah.

Berawal dari peristiwa longsornya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah Cimahi Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005 silam. Sejarah kelam yang akan terus teringat karena ternyata sampah bisa menjadi pembunuh jika salah dalam pengelolaannya. Nah, jadi paham kan historisnya hari peduli sampah nasional ?

Sudah 15 tahun berselang, ternyata sampah tetap menjadi masalah klasik yang tak tuntas. Bahkan di tahun 2020 ini, Indonesia dicanangkan bebas sampah. Target yang sepertinya berat untuk diwujudkan melihat kondisi yang terjadi akhir-akhir ini. Kurangnya kepedulian masyarakat akan sampah menjadi masalah utama yang terus menjadi ganjalan untuk merealisasikan Indonesia Bebas Sampah. Tapi ikhtiar tak boleh surut, terus mengupayakan yang terbaik di lingkungan masing-masing.

Sehubungan dengan tersebut, SMA Kosgoro Bogor turut ambil bagian dalam mengatasi masalah sampah yang ada di lingkungan sekitar sekolah. Sebanyak 150 siswa berpartisipasi melakukan pembersihan lingkungan terhadap sampah (23/02/2020). Didampingi oleh guru-guru, kegiatan ini berlangsung selama sekitar 1.5 jam. Pesan yang ingin disampaikan ke masyarakat adalah kepedulian terhadap lingkungan sekitar harus dimulai dari diri masing-masing, dari hal yang kecil, saat ini dan harus langsung bertindak. Semoga setiap siswa dapat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing sehingga bisa bebas dari sampah.

 

SMA Kosgoro Kota Bogor Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan dengan Keunggulan Teknologi.

Jl. Raya Pajajaran No. 217 A, Bogor, Jawa Barat

0251-8312505

info@sma-kosgoro.sch.id