MOTTO SEKOLAH

Berwawasan Lingkungan dan Kebangsaan Keunggulan Teknologi
Sekolah Unggul Terakreditasi A
Kedisiplinan Ciri Khas SMA Kosgoro Kota Bogor

SMA KOSGORO KE UGM

Pada hari Minggu tanggal 3 Februari 2013, siswa-siswi SMA Kosgoro berkumpul di sekolah pada jam 6 kurang untuk bersiap-siap melakukan Studi Tour ke Yogyakarta. Siswa-siswi telah dipisah secara berkelompok untuk menaiki 6 bus. Bus 1 dengan guru pembimbing Bapak Sugito Suef dan Ibu Murwati, bus 2 dengan guru pembimbing Bapak Senthot Rudi Handono, bus 3 dengan guru pembimbing Bapak H. Luthfi Hariri, bus 4 dengan guru pembimbing Bapak Ujang Sudrajat, bus 5 dengan guru pembimbing Ibu Nani Mulyani dan Ibu Rina Herlina, dan bus 6 dengan guru pembimbing Ibu Ratna Desniningsih dan Ibu Siti Nurlela. Sekitar jam 7, semua bus berangkat menuju ke Yogyakarta.

Pada tanggal 3 Februari 2013, siswa-siswi pergi ke Yogyakarta untuk melakukan kegiatan Study Tour. Siswa-siswi berkumpul di sekolah pada pukul 06.00 pagi, lalu berangkat dengan bus pada pukul 07.00. Tujuannya adalah langsung menuju ke Yogyakarta. Sesampainya di penginapan, siswa-siswi istirahat untuk persiapan besok menuju tiga lokasi, yaitu Candi Prambanan, Keraton, Pasar Beringharjo, dan Malioboro. Keesokan harinya, tanggal 4 Februari 2013 siswa-siswi bersiap-siap menuju objek wisata Candi Prambanan. Di sana, siswa-siswi melihat-lihat candi-candi khususnya Candi Induk Lara Jongrang. Setelah siswa-siswi makan siang, perjalanan wisata dilanjutkan menuju keraton Yogyakarta. Di sanakunjungan siswa-siswi diberi penjelasan mengenai kesultanan, khususnya Sri Sultan Hamengku Buwono. Penjelasan yang diberikan meliputi silsilah kesultanan, sarana prasarana keraton, dan sebagainya. Materi yang diterima di keraton diberikan oleh beberapa pemandu yang berada di keraton. Setelah selesai diberikan materi, siswa-siswi diberikan kebebasan untuk melihat-lihat Pasar Beringharjo dan sekitar jalan Malioboro. Hal tersebut bertujuan agar siswa-siswi membeli sesuatu atau oleh-oleh untuk keluarga atau teman-temannya. Menjelang makan malam siswa-siswi siap-siap pulang menuju penginapan.

Esok harinya, sekitar pukul 09.00 tanggal 5 Februari 2013 siswa-siswi sudah tiba di gedung Auditorium Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. Siswa-siswi SMA Kosgoro disambut oleh bapak Suwarto selaku Makerting Penerimaan Mahasiswa Bari. Siswa-siswi cukup lama berada di dalam gedung tersebut dikarenakan siswa-siswi diberikan penjelasan mengenai UGM, di antaranya mengenai lokasi, fakultas, program studi, persyaratan mahasiswa UGM, fasilitas, dan lain sebagainya. Setelah selesai menerima penjelasan, siswa-siswi sempat mengabadikan dirinya di UGM dengan berfoto bersama di depan gedung Grha Sabha Permana.

Setelah itu, siswa-siswi kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan yaitu ke Goa Jatijajar. Sekitar pukul 16.00 siswa-siswi tiba di Goa Jatijajar. Siswa-siswi langsung memasuki kawasan wisata Goa Jatijajar. Di sana, siswa-siswi diwajibkan untuk memasuki goa karena di dalam goa itu terdapat diorama mengenai asal mula goa itu tercipta. Menjelang malam hari sekitar pukul 21.00 siswa-siswi berangkat menuju perjalanan pulang ke Bogor. Sampai di kota Bogor tercinta sekitar pukul 08.30 padi hari tanggal 6 Februari 2013. Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar.