Berita

SibaDepo Mengadakan Kemah Pramuka Angkatan Kelas X Tahun 2022

 

*Gambar 1 : Penyampaian Materi di Grand Cempaka Camp*

   Gerakan Pramuka Gugus Depan 01.015-01.016 Ambalan Sri Baduga-Dewi Pohaci (SibaDepo) Pangkalan SMA KOSGORO Kota Bogor mengadakan Kemah Pramuka Angkatan Kelas X Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA KOSGORO pada Kamis, 22 September 2022 dan di Grand Cempaka Camp pada Jumat-Sabtu, 23-24 September 2022. Peserta kegiatan ini adalah 288 siswa kelas X yang dibagi dalam 23 kelompok putra dan 23 kelompok puteri.

   Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan Materi Dasar Kepramukaan, meliputi Sejarah Kepramukaan, Kepenegakan (Kepramukaan di Tingkat Penegak/Jenjang SMA), Satuan Karya dari Wirakartika, Dasa Dharma, Kegiatan Kepramukaan di SMA KOSGORO, Gugus Depan dan penguatan materi keagamaan kepada peserta kelas X. Setelah perkemahan selesai, peserta kelas X diharapkan mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, dan terutama adanya peningkatan kerapihan dan ketertiban seragam Pramuka.

   Walapun sempat turun hujan pada Jumat sore di Grand Cempaka Camp, namun tidak mengurangi antusias peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Selain mengenalkan Materi Dasar Kepramukaan, peserta juga dikuatkan karakternya melalui berbagai kegiatan yang memuat Profil Pelajar Pancasila, seperti pada kegiatan Lomba Masak per kelompok, penampilan Yel-ye dan Unjuk Bakat per kelas serta kegiatan keagamaan.

   Peserta kemah mendapatkan nomor gugus depan sebagai identitas keanggotaan Gugus Depan 01.015-01.016 Ambalan Sri Baduga-Dewi Pohaci dan badge Kemah. Diakhir kegiatan, peserta terbaik putera dan puteri, kelas dengan yel yel terbaik, dan juaran lomba masak diberikan reward untuk menghargai usaha mereka dan sebagai motivasi untuk terus berbenah diri menjadi pribadi yang lebih baik.

*Gambar 2 : Apel Kegiatan di Grand Cempaka Camp