Berita

Asesmen Nasional di SMA Kosgoro Bogor Terlaksana Dengan Baik

Kegiatan Asesmen Nasional (AN) di SMA Kosgoro Bogor dilaksanakan selama 2 hari, yakni tanggal 28-29 Agustus 2023.   Hari pertama materi ujian adalah Literasi dan Survei Karakter.  Sedangkan pada hari kedua yakni Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar.  Adapun siswa yang mengikuti AN sebanyak 45 siswa dan menggunakan 2 ruang ujian yaitu Lab Bahasa dan Lab IPS masing-masing ruang menggunakan 1 server.    Ruang ujian Lab Bahasa diisi oleh 25 orang siswa, sedangkan ruang ujian Lab IPS diisi oleh 20 orang siswa.   Masing-masing ruang diisi oleh seorang proktor dan seorang pengawas silang.

Kepala SMA Kosgoro Bogor, Herman Lasrin, S.P., M.Pd. di ruang kerjanya menyampaikan  “Alhamdulillah siswa SMA Kosgoro Bogor yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai peserta Asesmen Nasional (AN) telah mengikuti kegiatan ujian AN.  Kegiatan ujian berlangsung selama dua hari.  Selama kegiatan tidak ada mengalami kendala yang berarti.  Para siswa, proktor dan pengawas silang melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” katanya.   Kepala sekolah juga menambahkan bahwa kegiatan AN adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah.   Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi dan karakter), serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.   Berkaitan dengan hal tersebut, apapun hasil ujian para siswa SMA Kosgoro Bogor pada kegiatan AN tahun ini, pihak sekolah akan menerimanya dengan baik.   Hasil AN itu nantinya akan menjadi evaluasi bersama untuk pengembangan SMA Kosgoro Bogor agar lebih baik lagi.

Sehubungan dengan materi ujian AN, Anika Septianingsih menyampaikan bahwa tingkat kompleksitas soal-soal literasi dan numerasi pada ujian AN tahun ini cukup tinggi. Walaupun demikian, Anika berusaha untuk menjawab semua soal-soal yang ada.  Selain itu, kegiatan AN ini sebagai wahana untuk belajar lebih giat lagi untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang. “Soal-soal literasi cukup sulit, teksnya panjang-panjang, begitu juga soal-soal numerasi. Tingkat kompleksitasnya cukup tinggi, walaupun begitu saya tetap bersyukur karena mendapat kepercayaan untuk mengikuti AN ini.  Kegiatan AN ini sangat memotivasi saya untuk lebih giat belajar lagi” ujarnya.

Pengawasan di ruang ujian AN di SMA Kosgoro Bogor, Mira Oktaviani selaku pengawas silang menyampaikan apresiasinya bahwa kegiatan ujian berlangsung sangat baik, para peserta datang dan ke luar ruangan ujian tepat waktu.   Begitu juga selama mengikuti ujian, para siswa sangat patuh dan taat dengan tata tertib ujian.  Selain itu, kondisi ruang ujian yang sejuk dan menyenangkan membuat kegiatan ujian dapat terlaksana dengan nyaman.  “Luar biasa. Saya sangat terkesan. Di sini, para siswanya sangat taat dan patuh dengan tata tertib ujian. Begitu juga dengan sarana dan prasarana ujian yang sangat bagus, sehingga kegiatan ujian AN berlangsung dengan baik dan nyaman,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, ketua panitia pelaksana AN SMA Kosgoro Bogor, Ujang Sudrajat berharap pelaksanaan AN patutlah didukung oleh semua pihak, semua guru diminta untuk mengisi kuisioner Survei Lingkungan Belajar.  Kebijakan pemerintah ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia, khususnya di SMA Kosgoro Bogor, sehingga kualitas pendidikan di negara kita setara dengan pendidikan di negara-negara yang lebih maju.